Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Berlayar Menantang Maut Menuju Bawean

Berlayar Menantang Maut Menuju Bawean

Posted by Media Bawean on Sabtu, 31 Januari 2009

Media Bawean, 31 Januari 2009

Oleh : Mr. Gerbang Bawean

Kami berlayar dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean dengan naik Kapal Dharma Kartika (30/1) berangkat jam 09.00 WIB. Saat akan berlayar timbul ketakutan dalam hati untuk menghadapi tingginya gelombang laut diatas kapal. Sebelum berlayar kami sempat menghubungi beberapa orang di Bawean via ponsel, menanyakan kondisi cuaca dan gelombang laut, ternyata jawabanya cuaca baik dan gelombang sudah tenang.

Ada orang berbisik kepada kami, bila mau berlayar untuk mengetahui tinggi atau tidaknya gelombang dilaut cukup mudah. Lihat saja cerobong PLTU, kalau keluarnya asap melengkung dan bundar berarti gelombang dilaut tinggi, tapi kalau keluarnya lurus berarti tidak ada gelombang. Diperhatikan ternyata asap yang keluar dari cerobong melengkung dan bundar, berarti gelombang dilaut sangat besar. Setelah dibuktikan dengan ikut berlayar kemarin, apa yang dikatakan orang tersebut ada benarnya juga.

Saat berlayar selama 3 jam perjalanan kondisi laut masih bersahabat dan tenang, tapi setelah masuk jam berikutnya gelombang laut mulai datang. Dalam perjalanan, ternyata hujan lebat turun, angin kencangpun datang dengan prakiraan kecepatan 40 knot dan gelombang tinggi 3-4 meter, membuat kami tidak tenang. Selama diatas kapal, kami keluar masuk ruangan sambil menghisap rokok surya untuk menenangkan diri dengan pesan kopi susu di kantin kapal.

Ternyata Kapal Dharma Kartika tidak mengalami hambatan apapun dalam menghadapi kondisi laut yang cukup menakutkan. Kapal terus berjalan normal, meskipun kondisi didalam kapal banyak air masuk akibat hujan.

Dalam perjalanan terlihat banyak penumpang muntah-muntah, akibat mabuk laut. Kami sendiri tidak mengalami mabuk laut, hanya berjaga-jaga sambil berdo'a agar diselamatkan oleh Allah SWT. sampai di Pulau Bawean.

Jam 18.00 WIB hp berbunyi, dalam hati merasa gembira dengan adanya sinyal hp berarti Pulau Bawean sudah dekat. Kapal Dharma Kartika Jam 21.00 WIB sandar di dermaga Bawean dengan selamat. (bst)

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean