Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Jadwal Kapal Diatur Ulang
Kapal Cepat Operasi 2 Kali Seminggu

Jadwal Kapal Diatur Ulang
Kapal Cepat Operasi 2 Kali Seminggu

Posted by Media Bawean on Senin, 18 November 2013

Media Bawean, 18 November 2013

Untuk meningkatkan pelayaran Gresik – Bawean dan sebaliknya, Pemerintah Kabupaten Gresik menambah kapal baru.

Tentu ini sebuah harapan baru bagi masyarakat yang ada di Pulau Bawean Gresik. Setidaknya dengan adanya Kapal baru Satya Kencana II ini, masyarakat Pulau Bawean tak kesulitan lagi melakukan perjalan meski ombak tinggi. Kapal baru jenis roro ini tetap mampu berlayar meski ombak setinggi lebih dari 2 meter. Demikian Pernyataan Kepala Dinas Perhubungan Gresik. A. Nuruddin saat Rapat Koordinasi penetapan Jadwal Kapal Penyeberangan Gresik – Bawean PP yang berlangsung di Kantor Bupati Gresik, Senin (18/11).

Rapat Koordinasi yang diikuti oleh perwakilan Pemilik kapal Ekspress Bahari, Tungkal Samudra maupun dari PT Dharma Lautan Utama ini membahas tentang Jadwal Palayaran baru.” “Jadwal Pelayaran baru tersebut berlaku efektif sejak 1 Desember 2013. Masing- masing kapal mendapat jadwal 2 hari berangkat dari Gresik dan 2 hari berangkat dari Bawean. Jadi ada off satu hari yaitu hari Kamis tak ada pelayaran dari Gresik dan Hari Jum’at tak ada pelayaran dari Bawean” ujar A. Nuruddin.

Dengan beroperasinya Kapal Satya Kencana II, Pemkab Gresik memberlakukan Jadwal baru pelayaran Gresik – Bawean PP. Dulu Pelayaran rute tersebut hanya dilayani 2 kapal yakni Ekspres Bahari IC yang berlayar pada Selasa, Kamis dan Minggu dari Gresik dan Rabu, Sabtu, Senin dari Bawean. Serta Tungkal Samudra yang berlayar pada Senin, Rabu, Sabtu dari Gresik dan Selasa, Kamis, Minggu dari Bawean.

Dengan penambahan Kapal baru tersebut, Dinas Perhubungan Gresik mengubah jadwal Pelayaran yaitu Express Bahari IC berlayar Minggu, Selasa dari Gresik dan Senin, Rabu dari Bawean. MV Tungkal Samudra berlayar pada Rabu, Sabtu dari Gresik Kamis, Minggu dari Bawean. Sedangkan kapal baru KM Satya Kencana II berlayar pada Jum’at, Senin dari Gresik dan Sabtu, Selasa dari Bawean.

Kapal baru jenis roro KM Satya Kencana II buatan pabrikan asal Jepang ini mempunyai berat 2155 dwt. Kapal ini milik PT Dharma Lautan Utama (DLU). Kapal yang melayari Gresik – Bawean sejak 11 Oktober 2013 mengenakan tariff Rp. 75 ribu (subsidi). Selain memuat penuumpang kapal ini mampu mampu memuat kendaraan bermotor, mobil maupun motor. Menurut pihak DLU kapalnya ini berkapasitas 370 penumpang serta barang seberat 200 ton.

Kapal yang berlayar dengan kecepatan 11 knot ini juga mampu mengangkut 30 mobil dan 20 motor. Dengan Kecepatannya 11 knot ini, maka jarak tempuh Gresik – Bawean sekitar 80 mil bisa dicapai dalam waktu 6 – 7 jam. “Karena keterbatasan sarana, mobil tidak bisa terangkut dari Pelabuhan Gresik. Melainkan harus naik dari Pelabuhan di Paciran-Lamongan”. Ungkap pihak DLU. Yang jelas, kedepan pelayaran Gresik – Bawean akan semakin lancer.”Tidak ada lagi alasan pelayaran terputus karena ombak tinggi. dan juga mobilisasi angkutan barang juga semakin lancar” ujar Nuruddin. (sdm)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean