Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » 100 Paket Sembako dari BPBD Gresik Untuk Korban Longsor di Bawean

100 Paket Sembako dari BPBD Gresik Untuk Korban Longsor di Bawean

Posted by Media Bawean on Jumat, 27 Desember 2013

Media Bawean, 27 Desember 2013

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik menjadwalkan ke Pulau Bawean, Jumat pagi (27/12/2013). Mereka akan membantu korban tanah longsor dengan membawa 100 paket sembilan bahan pokok (Sembako).

Ketua BPBD Kabupaten Gresik Abu Hasan mengatakan, sedikitnya ada 17 orang dari beberapa instansi. Mulai BPBD, Dinas Kesehatan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya.

"BPBD siap siaga membantu korban longsor di Pulau Bawean. Ada 17 orang yang akan berangkat ke Pulau Bawean. Tidak hanya BPBD tapi tim dari SKPD lain ikut berangkat, termasuk Bapak Wabup (Mohamad Qosim, Red)," kata Abu Hasan.

Direncanakan, BPBD Kabupaten Gresik akan memberi bantuan kepada warga korban tanah longsor di Pulau Bawean di Dusun Dedawang, Desa Telukjatidawang, Kecamatan Tambak dan Dusun Duko, Desa Sungai Rujing serta Desa Daun, keduanya di Kecamatan Sangkapura. "Kita akan membawa 100 paket sembako ke Bawean," jelasnya.

Kasi Pembangunan Camat Sangkapura Abdul Basit mengatakan, sampai saat ini ada beberapa rumah warga yang tidak bisa ditempati karena kondisi tanah terancam longsor.

"Jika ada hujan deras lagi, ada tanah di Desa Daun yang lebarnya 20 meter lebih sudah rawan longsor, sehingga warga mengungsi ke rumah saudara yang aman. Untuk keperluan makan dibantu oleh warga yang mempunyai kelebihan rizqi" kata Abdul Basit saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Sementara jalan lingkar Bawean (JLB) di Dusun Tanjungmulya, Desa Dekatagung, Kecamatan Sangkapura, yang longsor sepanjang 20 meter, lebar 3 meter dan kedalaman 45 meter, sudah diperbaiki oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pekerjaan Umum (PU).

"Tanah longsong yang di jalan lingkar Bawean langsung longsor ke tepi pantai sehingga tidak merusak rumah warga," imbuhnya.

Terpisah Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gresik, Bambang Isdianto, mengatakan, perbaikan di jalan lingkar Bawean sudah ditangani UPT di Bawean.

"Jalan lingkar bawean yang longsor sudah mulai ditangani perbaikannya. Untuk jalan-jalan bekas banjir Kali Lamong sebagian jalan yang sudahh kering juga sudah diperbaiki. Kerusakan lainnya seperti plengsengan masih menunggu kering," kata Bambang.

Sumber : SURYA

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean