Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Gerakan Peduli Lingkungan
Aksi Penanaman Pohon di Bawean

Gerakan Peduli Lingkungan
Aksi Penanaman Pohon di Bawean

Posted by Media Bawean on Rabu, 25 Desember 2013

Media Bawean, 25 Desember 2013






Ahad pagi ( 22/12). Gunung Durin berdiri gagah. Langit mencurahkan hujan sejak semalam. Puluhan aktivis HMI Bawean, anggota Polsek Sangkapura, Bank Jatim, Koramil, BKSDA dan BEM Staiha menyusuri jalanan setapak di perbukitan Gunung Durin Balik Terus. Sambil membawa peralatan menanam mereka berjalan riang di atas tanah yang becek. Meski badan basah kuyup namun semangat mereka tinggi untuk ikut andil menanam pohon di puncak dan lereng Gunung Durin yang dirusak dan dialih fungsikan oleh warga setempat menjadi ladang rumput gajah.

Bila kita melihat dari jauh puncak gunung Durin maka terlihat rimbun. Namun bila kita dekati maka terlihat beberapa bagian yang gundul. Hutan lindung yang menjadi penyangga mata air di Bawean ini dibabat oleh warga sekitar. Dengan sengaja mereka membakar hutan di musim kemarau dan menanaminya dengan rumput gajah di saat hujan. Gunung Durin berbatasan langsung dengan dusun Sungai Terus Deje. Dusun ini terdiri dari 60-an kepala keluarga dan bagian dari desa Balik Terus kecamatan Sangkapura.

Petugas BKSDA Bawean, Taha, menyatakan bahwa tak jemu-jemunya BKSDA mengajak warga untuk ikut melestarikan hutan di Gunung Durin namun hasilnya belum menggembirakan. “Warga belum berpikir jauh. Namun kami yakin pelan-pelan mereka pasti akan menyadari kesalahannya” tegasnya. Pernyataan ajakan disampaikan oleh kader HMI Bawean, Alif Wahyuningsih, tentang pentingnya kerjasama semua lapisan masyarakat. “Saatnya kita dukung BKSDA. Dengan personel hanya 7 orang pasti merasa kewalahan menjaga hutan se-Bawean. Ditambah kesadaran masyarakat sekitar hutan masih rendah. Mereka memandang bahwa hutan adalah untuk diwarisi bukan di wariskan” tuturnya.

Kegiatan reboisasi dan pengawasan ini akan terus dilakukan secara kontinue di kawasan Gunung Durin. Kini ratusan pohon telah ditanam dan ribuan biji-bijian juga disebarkan. Menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga agar tumbuh. Bukan hanya BKSDA, HMI, Bank Jatim, Polsek, Koramil dan BEM Staiha tetapi seluruh manusia yang masih mencintai kehidupan di pulau elok ini.(kuncoro11)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean