Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Longsor di Langcabur, Korban 4 Rumah, Senilai 1 Miliyar

Longsor di Langcabur, Korban 4 Rumah, Senilai 1 Miliyar

Posted by Media Bawean on Selasa, 24 Desember 2013

Media Bawean, 24 Desember 2013


Bencana longsor di Dusun Langcabur, desa Daun, kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik (senin, 23/12/2013) mengakibatkan 4 rumah milik warganya sudah tidak aman untuk ditempati.

Peristiwa longsor yang mengakibatkan rumah membahayakan untuk ditempati, sejak jam 09.00 WIB (pagi), setelah mengetahui ada pergerakan tanah, semua penghuni 4 rumah milik Saeni, Syamsi, Mas'ah dan Syin memutuskan keluar dan pindah mencari tempat yang aman.

Syamsi, salah satu korban rumah yang tidak bisa ditempati, mengatakan peristiwa terjadinya longsor termasuk pertama kali, sebelumnya tidak pernah. Itupun menurutnya disebabkan oleh alam, bukan karena perbuatan manusia. "Posisi diatas hutannya terjaga rapi tidak pernah ada penebangan pohon, kemungkinan akibat curah hujan tinggi sehingga air penyebabnya,"katanya.

Ada 4 rumah milik warga yang tidak bisa ditempati, kondisi bangunan tergolong istimewa diantaranya ada bangunan rumah bertingkat dan rumah yang baru saja selesai dibangun. Kerugian ditaksir sekitar Rp. 1 Miliyar.

Dengan dibantu seluruh warga, seluruh barang-barang dikeluarkan dan diselamatkan kedalam rumah. Itupun tidak keseluruhan  diambil, sehubungan kondisi menakutkan untuk masuk kedalam rumah.

Abisi, tokoh di desa Daun menyatakan sudah meninjau ke puncak untuk mengetahui kondisi bukit, ternyata dibagian atas sudah ada tanah pecah sedalam 1 meter. "Kondisi sudah sangat membahayakan untuk ditempati,"tuturnya.

Penghuni rumah sudah pindah ke rumah saudara-saudaranya terdekat untuk mengamankan diri, sehubungan kondisi rumah sudah tidak aman ditempati.

Syamsi memohon kepada pemerintah Kabupaten Gresik untuk membantu kepada warga Langcabur yang terkena bencana longsor, sehubungan kondisinya sangat memprihatinkan. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean