Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Pembangkit CNG Tiba di Pulau Bawean

Pembangkit CNG Tiba di Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Minggu, 01 Desember 2013

Media Bawean, 1 Desember 2013


PT PLN (Persero) serius menangani persoalan pembangkit listrik di Pulau Bawean, dengan mengupayakan pengadaan pembangkit tenaga gas, yaitu Compressed Natural Gas (CNG) atau gas alam yang sudah dikompresi. 

Pembangunan sudah berjalan beberapa bulan di pusat pembangkit PLN Bawean, di Kompeks Perikanan Pulau Bawean. Hari jum'at (29/11/2013) mesin untuk CNG sudah tiba di Pulau Bawean dengan menggunakan kapal LCT Putra Bawean. Besok harinya sabtu (30/11/2013) mesin diturunkan dari atas kapal langsung menuju pusat pembangkit listrik milik negara.

Direktur Produksi PT PJB, Muljo Adji AG mengatakan tengah mengerjakan pembangkit listrik tenaga gas di Pulau Bawean dengan bahan baku CNG. Selama ini, pembangkit listrik di Bawean menggunakan BBM, yang biaya operasionalnya tinggi.

Investasi untuk membangun pembangkit baru dengan CNG berkisar Rp 3 miliar. “Kalau dihitung dari sisi efisiensi dan bisnis, penggunaan pembangkit gas lebih menguntungkan, berbeda dengan pembangkit yang menggunakan BBM yang BEP-nya sangat lama. Investasi pembangkit CNG ini bisa kembali dalam satu hingga 2 tahun,” ungkap Muljo.

Untuk tahap I, pembangkit listrik CNG di Bawean akan mulai dioperasikan di pertengahan Juni 2014. Pembangkit baru ini mampu menghasilkan daya 3 MW. Sedangkan kebutuhan listrik di Pulau Bawean untuk beban tertinggi mencapai 4-5 MW. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean