Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Pengurangan Jadwal Kapal Cepat (1)
Pasien Bakal Terlantar di Bawean

Pengurangan Jadwal Kapal Cepat (1)
Pasien Bakal Terlantar di Bawean

Posted by Media Bawean on Kamis, 05 Desember 2013

Media Bawean, 5 Desember 2013


Adanya pengurangan jadwal kapal jurusan Gresik - Pulau Bawean bertujuan untuk pelayanan setiap hari, justru berdampak kemunduran besar sehubungan kapal Tungkal Samudra masih belum beroperasi.

Kapal Express Bahari 1C yang sebelumnya melayani 3 kali dalam seminggu, mulai 1 Desember 2013 dikurangi melayani 2 kali dalam seminggu. Dampak paling besar akan terlantarnya pasien yang bakal dirujuk ke Gresik, sehubungan menunggu kapal di Pulau Bawean.

Kepala UPTD Puskesmas Sangkapura, dr. Tony S. Hartanto dihubungi Media Bawean (kamis, 5/12/2013) mengatakan perubahan jadwal kapal akan berdampak merujuk pasien dari Pulau Bawean ke Gresik.

Alasannya, kapal Tungkal Samudra sampai sekarang masih belum beroperasi, sementara kapal Express Bahari yang sebelumnya beroperasi melayani selama 3 kali dalam seminggu berubah hanya 2 kali saja.

"Bila 3 kapal beroperasi sesuai keputusan untuk melayani setiap hari tentunya pasien tidak akan bertahan lama di Pulau Bawean, tapi persoalannya kapal yang diharapkan beroperasi ternyata hanya dilayani 2 kapal,"katanya.

"Semestinya merubah jadwal kapal dengan mengurangi pelayaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi riilnya, agar tidak berdampak seperti sekarang justru bakal menghambat merujuk pasien ke Gresik,"jelasnya.

Kebijakan Dishub Gresik yang dikenal tidak populer ini, hari tanpa kapal dari Pulau Bawean, yaitu hari kamis, jum'at dan minggu. Sebaliknya, hari tanpa kapal dari Gresik, yaitu hari rabu, kamis dan sabtu.

Sementara ini, pengiriman pasien hampir setiap pelayaran kapal cepat dari Pulau Bawean tujuan Gresik, antara 1 sampai 3 pasien yang dirujuk ke Gresik. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean