Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Tradisi Rasol di Desa Bululanjang, Warga Mandikan Sapi di Laut Rujing

Tradisi Rasol di Desa Bululanjang, Warga Mandikan Sapi di Laut Rujing

Posted by Media Bawean on Rabu, 15 Januari 2014

Media Bawean, 15 Januari 2014


Tradisi Rasol di Desa Bululanjang, kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik dilaksanakan kemarin (selasa, 14/1/2014) bertepatan hari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. 1435 H.

Memandikan sapi setelah selesai membajak di sawah, merupakan rangkaian acara Rasol di desa Bululanjang. Sebelum sapi dimandikan ke laut, warga menggelar selamatan di kampung sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT. telah memberikan rahmat, inayah dan keselamatannya kepada seluruh warga desa Bululanjang.

Abdul Adim, Camat Sangkapura turut hadir dalam kegiatan Rasol di desa Bululanjang. "Ini termasuk tradisi turun temurun yang masih bertahan dan wajib untuk dipertahankan,"katanya.

"Kedepan momen tradisi Rasol di desa Bululanjang, bisa dijadikan agenda untuk mendatangkan wisatawan ke Pulau Bawean dalam rangka mendukung program pemerintah Kabupaten Gresik,"paparnya.

Umar, kepala desa Bululanjang ditemui Media Bawean menyatakan pelaksanaan Rasol tahun ini bersamaan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. "Sehubungan waktunya bersamaan, sehingga oleh warga disamakan bertepatan hari maulid,"ujarya.

"Respon warga sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan Rasol, diantaranya meminta angkutan mobil untuk mengangkut seluruh warga yang tidak memiliki kendaraan untuk pergi ke laut. Ada sekitar 1.500 turut hadir dalam kegiatan rasol dengan memandikan sapi ke pantai Rujing,"ungkapnya.

"Jumlah sapi sangat menurun dibanding tahun sebelumnya, sekarang cuman sekitar 200 ekor, padahal tahun lalu jumlahnya mencapai 400 ekor,"jelasnya.

"Meskipun alat pembajak sawah sudah canggih menggunakan mesin, ternyata masyarakat desa Bululanjang masih mempertahakan sapi untuk membajak di sawahnya,"tuturnya.

Dalam rangkaian acara rasol, juga diadakan penyuntikan sapi oleh Dinas Perternakan kerjasama bersama Pemerintahan Desa Bululajang. "Penyuntikan sapi gratis ditanggung oleh pemerintahan desa untuk pembiayaannya,"terangnya. 

Pantauan Media Bawean, terlihat banyak warga menggiring sawah ke laut lalu dimandikan sampai bersih. Terlihat juga pemilik sapi yang menungganginya dengan berkeliling di laut. Semaraknya acara rasol diikuti oleh seluruh warga desa Bululanjang, kompak mandi ke laut bersama seluruh keluarganya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean