Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Angkatan Berkat Maulid Nabi SAW.
Warga Pulau Bawean di Gresik

Angkatan Berkat Maulid Nabi SAW.
Warga Pulau Bawean di Gresik

Posted by Media Bawean on Senin, 10 Februari 2014

Media Bawean, 10 Februari 2014


Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. oleh warga Pulau Bawean di Gresik diselenggerakan hari minggu (9/2/2014) bertempat di Wahana Wahana Pusponegoro (WEP) jalan Jaksa Agung Surapto, Gresik.

H. Moch. Qosim (Wakil Bupati Gresik) menyatakan selama menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. sejak menjabat sebagai Wabup Kabupaten Gresik, hanya sekarang ini paling meriah yang diselenggerakam oleh warga Pulau Bawean.

Arif Rosyidi mengatakan angkatan berkat maulid bertujuan untuk melepaskan rindunya warga Pulau Bawean di Gresik untuk melaksanakan peringatan maulid ala Pulau Bawean. "Tradisi maulid di Pulau Bawean, terkenal dengan angkatan atau berkat yang besar termasuk bagian dalam syiar Islam, bukan merupakan syariat,"katanya.

Angkatan berkat maulid warga Bawean di Gresik, termasuk paing istimewa dan serba lengkap. Masih terlihat makanan khas Pulau Bawean, seperti rengginang dan lain-lain. Sebagian besar berkat ditaksir menghabiskan dana jutaan rupiah untuk angkatan berkat.

Daifi Buang, ketua Panitia Pelaksana Peringatan Maulid mengakui bahwa angkatan maulid sudah melanggar ketentuan dari panitia pelaksana. "Angkatan berkat maulid sudah diberi aturan, tapi kenyataannya warga tetap melebihinya sesuai keinginan masing-masing,"paparnya.

Menurutnya, ini membuktikan antusias warga dalam mengikuti peringatan maulid di Gresik.

Angkatan maulid warga Pulau Bawean mengejutkan banyak warga Gresik sehubungan berkat yang dibawa dari rumah menggunakan roda empat untuk mengangkut ke tempat pelaksanaan acara. Sukamto mengaku terkejut dan kagum melihat besarnya makanan serba lengkap yang dikemas dalam wadah oleh warga Pulau Bawean,"ujarnya.

"Tidak pernah melihat makanan sebanyak itu, ternyata menarik juga tradisi maulid warga Bawean,"tuturnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean