Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Camat dan Kades Diberi Pil Pahit
Untuk Memperbaiki Kinerjanya

Camat dan Kades Diberi Pil Pahit
Untuk Memperbaiki Kinerjanya

Posted by Media Bawean on Sabtu, 01 Februari 2014

Media Bawean, 1 Februari 2014


Pemerintahan desa Tanjungori, Tambak, Pulau Bawean, Gresik menyelenggarakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. (jum'at, 1/2/1014). Hadir Muspika kecamatan Tambak, aparatur pemerintahan desa Tanjungori, dan tokoh masyarakat.

Kyai Lukman sebagai penceramah maulid mengajak kepada seluruh aparat pemerintahan untuk mencontoh kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. "Dengan mencontoh kepemimpinan beliau, tentunya roda pemerintahan berjalan secara baik penuh barokah,"katanya.

Dalam ceramahnya, Kyai Lukman menyatakan bahwa isi ceramah yang disampaikan mengandung pil pahit dalam rangka memperbaiki kinerja pemerintahan dari tingkat desa sampai kecamatan.

"Kepemimpinan Rasulullah layak ditiru, beliau dalam memimpin tidak minta dilayani melainkan melaksanakan tugas-tugasnya secara baik. Tidak ambisius, serta tidak mewarisakan tahta kepemimpinan kepada keluarganya,"ujarnya.

"Dengan mencontoh kepemimpinannya tentunya pemimpin akan selamat serta mendapatkan pahala besar dari seluruh warga yang dipimpinnya, sebaliknya jika pemimpin tidak amanah akan menanggung dosa sebanyak jumlah rakyat di daerah yang dipimpinnya,"jelasnya. 

"Nantinya kelak di akherat, semua pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinan yang dipimpin. Jika baik akan memperoleh pahala besar, sebaliknya jika buruk akan menanggung dosa besar,"terangnya.

"Tugas pemimpin itu melayani atau pelayan bagi masyarakat. Bukan minta dilayani kepada masyarakatnya,"tegasnya.

Lebih lanjut Kyai Lukman mengajak kepada aparatur desa Tanjungori untuk memperbaiki pelayanan kepada seluruh masyarakat. "Masuk kerja tepat waktu agar bisa memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat. Jika pelayanan kepada masyarakat, secara otomatis roda pemerintahan akan berjalan baik sesuai harapan seluruh warganya,"tegasnya.

Dalam ceramahnya, Kyai mengapresiasi diadakannya maulid Nabi Muhammad SAW di Balai Desa Tanjungori. Menurut sejarah, awal diadakannya peringatan maulid diselenggarakan oleh umara (pemerintah) dengan mengundang ulama. "Sebaliknya sekarang sudah terbalik, justru ulama dan masyarakat yang mengadakan maulid dengan mengundang umara (pemerintah). Diadakannya maulid pemeritahan desa Tanjungori sangat tepat sesuai sejarah awal diadakannya peringatan maulid,"paparnya.

Hal baru menurut penceramah asal desa Tanjungori, diadakan santunan kepada anak yarim termasuk hal baru yang layak dicontoh dan ditiru. "Menurut kebiasaan peringatan maulid hanya pembacaan barzanji, asrakalan dan suguhan angkatan berkat,"imbuhnya.

Ilham Syifak, kepala desa Tanjungori dalam sambutannya mengatakan peringatan maulid nabi diselenggarakan dalam rangka menambah kecintaan kepada Baginda Nabi Muhamamad SAW. "Melalui kegiatan keagamaan di desa diharapkan bisa mendapat syafaat dari Rasulullah, serta membahagiakan kepada anak yatim yang menerima santunan,"tuturnya.

Camat Tambak, H. Imam memberikan apresiasi atas diselenggarakan peringatan maulid oleh pemeritahan desa Tanjungori. "Untuk pemerintahan desa di kecamatan Tambak, hanya desa Tanjungori yang menyelenggarakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Sedangkan kecamatan sudah melaksanakannya kemarin, rutin setiap tahun mengadakan peringatan maulid,"pungkasnya. (bst)
 

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean