Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Butuh Kompak Untuk Wisata Bawean

Butuh Kompak Untuk Wisata Bawean

Posted by Media Bawean on Senin, 21 April 2014

Media Bawean, 21 April 2014

Pengembangan pariwisata di Pulau Bawean masih diperlukan keseriusan semua pihak untuk mendukung programnya. Edwin Fiatiano (Dosen Pariwisata Unair Surabaya) mengatakan pengembangan wisata yang terpenting pemberdayaan masyarakat. "Artinya wisatawan berkunjung mempunyai nilai manfaat untuk pemberdayaan masyarakat, seperti kemajuan perekonomian,"katanya.

Untuk menuju pengembangan pariwisata di Pulau Bawean, menurutnya masih perlu adanya kesiapan dalam segala bidang, agar nantinya wisatawan berkunjung tidak sekedar datang saja, selanjutnya akan toleh kanan dan kiri karena bingung mau melakukan aktivitas.

Diantara persiapannya, perlu adanya pemandu wisata, kelancaran transportasi menuju akses obyek wisata, sarana penginapan pengunjung, menu makanan khas, dan oleh-oleh khas Pulau Bawean.

"Segala kebutuhan wisatawan yang berkunjung tentunya akan membawa manfaat besar untuk pengembangan ekonomi masyarakat,"ujarnya.

Hal terpenting menurut Edwin Fiatiano, butuh kekompakan seluruh masyarakat, khususnya untuk memenuhi segala kebutuhan wisatawan yang berkunjung. "Tidak bisa untuk program wisata dimonopoli salah satu pihak, butuh kerjasama untuk mengembangkan program wisata di Pulau Bawean,"jelasnya.

Terkait soal penerimaan masyarakat Pulau Bawean terhadap wisatawan yang berkunjung, Dosen Unair Surabaya menyatakan wisatawan yang berkunjung akan mengikuti aturan daerah yang dikunjunginya. "Kecenderungan wisatawan akan mengikuti aturan, kesopanan tetap dinomorsatukan untuk beradaptasi terhadap lingkungannya. Wisata religi dengan memakai busana muslim juga bisa dijadikan nilai jual wisata. Ataupun mengatur daerah disesuaikan situasi dan kondisi lingkungan setempat,"terangnya.

Lebih lanjut menjelaskan bahwa pengembangan pariwisata di Pulau Bawean sebelum menjualnya perlu melihat pangsa pasarnya terlebih dahulu. "Sementara pembandingnya adalah Pulau Karimunjawa yang lebih siap jual dan mendahului dalam pengembangan paket wisatanya. Seharusnya tampil beda untuk pengembangan pariwisata di Pulau Bawean, agar tidak ada pembanding,"tuturnya.

Edwin Fiatiano mengakui obyek wisata yang dimiliki Pulau Bawean sudah layak jual, keindahan alamnya sangat indah, ditambah alam bawah lautnya terlihat hamparan terumbun karang mempesona. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean