Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Warga Patar Gelar Ibadah Qurban

Warga Patar Gelar Ibadah Qurban

Posted by Media Bawean on Minggu, 05 Oktober 2014

Media Bawean, 5 Oktober 2014








Pelaksanaan Qurban di Dusun Patar, desa Patarselamat, Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik dilaksanakan hari ini (minggu, 5/10/2014).

Sebelum pemotongan hewan digelar, waktu pagi warga Patar menunaikan shalat jamaah hari raya Idul Adha bertempat di masjid jami Istiqomah.

Pemotongan hewan qurban di dusun Patar, merupakan tradisi turun temurun dari dahulu sampai sekarang. Hewan qurban berasal dari warga sendiri, warga Malaysia dan warga Singapura. 

Setelah selesai shalat idul adha berjamaah, warga berbondong-bondong mendatangi lokasi pemotongan hewan qurban, dengan cara di arak keliling kampung dengan diiringi gema takbir. 

"Alhamdulillah tahun ini sekalipun harga sapi mahal, ada peningkatan hewan Qurban dari tahun kemarin yakni 7 ekor sapi dan 2 ekor kambing, tahun ini meningkat jadi 8 ekor sapi,"kata Minfari warga Patar.

"Semua hewan tersebut berasal dari warga kampung sendiri, warga Malaysia dan warga Singapura yang masih mempercayai kampung Patar sebagai tempat pemotongan qurban,"ujarnya.

Sebagai bukti pelaksanaan pemotongan hewan qurban, dilakukan penyutingan bentuk video mulai awal sampai akhir kegiatan sebagi bukti telah melaksanakan kewajiban sebagai wujud kepercayaan yang diberikan. Harapannya untuk tahun depan ada peningkatan untuk Qurban, termasuk bantuan keuangan warga Singapura dan Malaysia untuk renovasi masjid.

Untuk penyaluran daging qurban sesuai yang telah disyariatkan dalam agama Islam. Bukan cuman warga luar kampung, termasuk warga Patar yang menikah keluar kecamatan juga mendapatkan daging Qurban. 

Setelah semua tersalurkan, seluruh warga hadir ke mesjid untuk mengadakan selamatan bersama. Berdo'a dan memohon semoga ibadah Qurban yang telah dilaksanakan diterima oleh Allah SWT.

Warga dusun Patar mengucapkan terimkasih kepada semua pihak, khususnya warga Malaysia dan Singapura.  Semoga Allah SWT. selalu memberikan kesehatan dan tembahan rejeki yang berlimpah. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean