Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kapal ke Pulau Bawean
Siap Angkut Pemudik Lebaran

Kapal ke Pulau Bawean
Siap Angkut Pemudik Lebaran

Posted by Media Bawean on Selasa, 07 Juli 2015

Media Bawean, 7 Juli 2015

Tiga kapal yang melayari rute Gresik-Bawean siap mengangkut pemudik yang akan merayakan lebaran di kampung halaman. KM Eskpres Bahari 8E, KMP Gili Iyang dan KM Natuna Ekspres akan melayari rute sejauh 81 mil laut itu sesuai jadwal.

Kasie Kepelabuhanan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik, Nanang Afandi menjelaskan, operasional ketiga kapal akan berjalan tiap hari. Dengan demikian, kekhawatiran warga Bawean yang tidak terangkut bisa berkurang. “Apalagi sekarang KM Ekspres Bahari memiliki kapasitas kursi cukup banyak yakni 393 orang,” terang Nanang Afandi.

Sebelumnya Bupati Sambari Halim Radianto mengatakan, Pemkab Gresik terus meningkatkan kualitas pelayaran Gresik-Bawean. Dengan adanya 3 kapal yang melayari rute Gresik-Bawean, pihaknya berharap tidak ada penumpang yang terlentar karena tidak terangkut. Apalagi saat ini ada kapal baru yakni Express Bahari 8E yang berbahan aluminium. “Kapal ini lebih luas karena bisa mengangkut penumpang sampai 393 orang” ujar Bupati sambil mencoba duduk di jok penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Gresik, Andhy Hendro Wijaya mengatakan, Kapal Express Bahari 8E ini sebagai kapal generasi terbaru. “Kapal ini nantinya menggantikan rute kapal pendahulunya yaitu Express Bahari IC. Dilihat dari spesifikasinya kapal ini lebih besar karena berkapasitas 393 penumpang dibanding kapal yang lama hanya 380 penumpang” ujarnya.

Untuk faktor keselamatan dan kenyamanan, Andhy menjamin kapal yang baru ini lebih tahan gelombang karena terbuat dari aluminium sedangkan yang terdahulu terbuat dari fiber. Kapal Express Bahari 8E ini dilengkapi piranti mesin yang lebih besar yaitu 34 knot sedangkan yang terdahulu hanya 22 knot. “Kalau kapal yang lama melintasi Gresik - Bawean sejauh 80 mil membutuhkan waktu 3 jam, tentu kapal yang baru nanti akan lebih cepat lagi”kata Andhy optimis. (est/ris)

Sumber : Radar Gresik

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean