Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » UPZ Gunugteguh Sukses Membangun
Kampung Zakat dan Warga Sadar Zakat

UPZ Gunugteguh Sukses Membangun
Kampung Zakat dan Warga Sadar Zakat

Posted by Media Bawean on Sabtu, 25 Juli 2015

Media Bawean, 25 Juli 2015




Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Desa Gunung Teguh memang pantas dibanggakan karena keberhasilannya membangun perkampungan zakat , dan membangun masyarakat sadar zakat di dusun. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kepercayaan muzakki pada amil dusun sangat tinggi dan muzakki menyerahkan secara penuh zakatnya pada UPZ dusun untuk dikelola oleh amil dusun. Maka tidak heran apabila dari tahun ketahun UPZ Desa Gunungteguh yang terdiri dari 9 UPZ dusun ini menjadi pengumpul zakat tertinggi pada Badan Amil Zakat (BAZ) di Kecamatan Sangkapura.

Pada tahun 2015 UPZ Desa Gunungteguh telah sukses mengumpulkan zakat fitrah dan zakat mal dari muzakki di 9 UPZ Dusun sejumlah Rp.203.766.000,- atau ada kenaikan 12 % dibanding tahun 2014, dan naik 77 % dibanding tahun 2013.

Kunci sukses keberhasilan UPZ Desa Gunungteguh dalam pengumpulan zakat karena koordinasi yang harmonis antara umara dan Ulama tingkat dusun dan tingkat desa, terutama keseriusan kepala dusun dalam membantu mensukseskan pengurus UPZ dusun mengumpulkan zakat dari para muzakki ,berupa zakat fitrah, zakat harta emas, simpanan uang , hasil perkebunan cengkeh, padi,zakat profesi, baik dari muzakki yang ada di Bawean maupun yang ada diluar Pulau Bawean (Malaysia).

Harapan Pengurus BAZ Kcamatan Sangkapura keberhasilan UPZ Desa Gunungteguh menjadi inspirasi bagi UPZ Desa yang lain di Kecamatan Sangkapura dalam membangun kebulatan tekat dan semangat pengumpulan zakat, demi mensukseskan program BAZ kecamatan sebagai sebagai patner pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin di Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik. (bazskp)


SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean