Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Bandara Bawean Diperkirakan 2016

Bandara Bawean Diperkirakan 2016

Posted by Media Bawean on Senin, 31 Agustus 2015

Media Bawean, 31 Agustus 2015


Jalur penerbangan perintis yang memanfaatkan atau melalui Bandara Bawean, Gresik, Jawa Timur, dengan rute Pulau Bawean - Surabaya, diperkirakan akan direalisasikan pada 2016.

"Jalur penerbangan perintis di rute Pulau Bawean-Surabaya (Bandara Juanda) sudah diusulkan secara resmi oleh kami kepada pihak terkait di Kementerian Perhubungan. Usulan tersebut sudah disampaikan beberapa waktu lalu," ujar Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswono, Senin.

Secara administrasi, Satuan Penyelenggara Bandara Bawean berada di bawah naungan Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep.

"Kami optimistis usulan tersebut akan disetujui dan selanjutnya menjadi salah satu program di Kementerian Perhubungan pada 2016. Kalau semuanya berjalan lancar, penerbangan perintis di jalur Pulau Bawean - Surabaya bisa direalisasikan pada awal 2016," ujarnya, menerangkan.

Bandara Bawean, kata dia, telah memperoleh register dari pihak terkait di Kementerian Perhubungan sejak pertengahan Juli 2015.

"Terbitnya register tersebut menandakan Bandara Bawean sudah siap beroperasi atau digunakan untuk aktivitas penerbangan pesawat," ucapnya.

Namun, untuk sementara, aktivitas penerbangan pesawat yang bisa memanfaatkan Bandara Bawean adalah pesawat berbadan kecil dengan kapasitas angkut 20-22 penumpang.

"Selain mengusulkan Bandara Bawean dimanfaatkan sebagai bagian dari jalur penerbangan perintis (bersubsidi), kami juga berusaha melakukan komunikasi dengan dua maskapai yang memiliki pesawat kecil dengan dua mesin untuk kepentingan penerbangan komersial," kata Wahyu.

Ia menjelaskan, sesuai hasil komunikasi terakhir, dua maskapai yang dijajakinya untuk kepentingan penerbangan komersial itu masih melakukan survei pasar atau potensi calon penumpang.

"Kalau hasil surveinya positif (menguntungkan), bisa saja aktivitas penerbangan komersial di Bandara Bawean akan terealisasi lebih awal dibanding perintis. Kami tidak bisa berandai-andai tentang hal itu," ujarnya. (*)

Sumber : Antara

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean