Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Penyakit Diabetes Rentan Serang Warga Bawean

Penyakit Diabetes Rentan Serang Warga Bawean

Posted by Media Bawean on Senin, 18 Januari 2016


Minim mengkonsumsi sayuran membuat warga Pulau Bawean lebih mudah terserang penyakit diabetes. Apalagi, warga sangat gemar mengkonsumsi minuman-minuman yang cukup manis saat menggelar kegiatan.

Kepala UPT Puskesmas Sangkapura dr Tony S Hartanto membenarkan adanya peningkatan jumlah penderita penyakit diabetes melitus di Pulau Bawean. “Hampir setiap hari menerima ataupun merawat pasien yang menderita sakit kencing manis,” katanya.

Menurut dia, penyebab utamanya adalah kebiasaan warga Bawean yang senang dengan minuman manis. Dokter umum yang bertugas belasan tahun di Bawean, mencontohkan bila ada undangan selamatan warga ternyata makanan yang dihidangkan terasa manis, dan minuman yang disuguhkan terasa gula. “Termasuk oleh-oleh yang diberikan saat pulang juga berupa gula,” paparnya.

Selain kurang menjaga pola makan, olahraga juga kurang sehingga rentan terkena penyakit diabetes melitus. Melihat kebiasaan sekarang, umumnya warga untuk pergi kemana saja selalu naik sepeda motor. “Sepertinya kaki tidak difungsikan untuk berjalan,”ujarnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean