Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kapal Gili Iyang Beroperasi, KLM Sepi Muatan

Kapal Gili Iyang Beroperasi, KLM Sepi Muatan

Posted by Media Bawean on Minggu, 27 Maret 2016




Kapal Layar Motor (KLM) yang melayani pengangkutan barang dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean banyak yang bersandar lantaran sepi muatan. Ini imbas dari beroperasi kapal Gili Iyang milik PT ASDP. “Banyak yang memilih memilih kapal bersubsidi dari pemerintahan daripada menggunakan KLM,” kata Salah satu ABK bernama Sahman di Pelabuhan Bawean.

Sahman mengaku sebelum Gili Iyang beroperasi dia mampu 3 kali berlayar dalam sebulan. Sekarang hanya mengangkut sekali saja dalam sebulan. “Itupun menunggu barang untuk diang- kutnya,”katanya.

Sepinya pengangkutan barang membuatnya kelabakan. Otomatis pendapatannya untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya ber- kurang. “Sekarang pendapatannya sebulan hanya Rp.700 ribu,” katanya.

H. Abdurrahman sebagai ketua koperasi Tenaga Bongkar Muat Pelabuhan Bawean membenarkan sepinya pengangkutan barang melalui KLM. “Lihatlah itu ada 6 KLM yang nongkrong di Pelabuhan dikarenakan sepinya muatan barang,”ujarnya.

Semestinya menurut H. Abdurrahman, beroperasinya kapal bersubsidi dari pemerintah seperti kapal Gili Iyang jangan sampai mematikan usaha seperti KLM. “Perlu adanya solusi pengaturan pengangkutan sehingga KLM tetap beroperasi,”harapnya.

H. Munayat pemilik KLM Purnama mengakui usahanya merosot sejak beroperasinya kapal Gili Iyang. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean