Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Dihantam Ombak, KLM Raden Joyo Tenggelam di Bawean

Dihantam Ombak, KLM Raden Joyo Tenggelam di Bawean

Posted by Media Bawean on Jumat, 29 April 2016





Kapal Layar Motor (KLM) Raden Joyo 2 tenggelam di Perairan Bawean, Minggu pagi. Kapal tangkap ikan asal Pelabuhan Brondong, Kabupaten Lamongan ini tenggelam setelah lambung kapal dihantam ombak. Tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan. 12 anak buah kapal berhasil diselamatkan kru KM Bahari yang kebetulan melintas di lokasi.

Rifqi Hariyanto, 33, nahkoda kapal menjelaskan, dia bersama ABK berangkat dari Brondong Lamongan pada Sabtu, 23 April lalu. kapal kemudian bergerak menuju Laut Jawa untuk menangkap ikan. Pada Minggu pagi sekitar pukul 07.00, posisi kapal berada di 50 mil Timur Laut Bawean mengalami masalah. Mesin kapal tiba-tiba mati.

“Pada saat yang sama cuaca mendung dan ombak cukup tinggi, sekitar 2 hingga 3,5 meter. Karena tidak ada pendorong, kapal kami diombang ambingkan ombak cukup lama hingga ada ombak besar kemudian memecah lambung kiri kapal,” terang Rifqi Hariyanto.

Melihat lambung kapal pecah, seluruh kru ABK diminta melakukan perbaikan. Namun karena air yang masuk ke dalam kapal cukup deras, akhirnya kapal oleng ke kiri setelah beberapakali dihempas ombak. Menyadari ini, Rifqi memerintahkan seluruh ABK menyelamatkan diri dengan mengenakan jaket pelampung dan mencebur ke laut.

Tidak lama kemudian sekitar pukul 09.30, kapal tenggelam. Sementara seluruh ABK terapung di tengah laut hingga 14 jam. Bantuan baru datang pada Senin dini hari pukul 01.50, kebetulan KM Bahari 20 melintas di lokasi ABK terapung.Mereka selanjutnya ditolong kru KM Bahari 20 dan dibawa ke Pelabuhan Sangkapura Bawean.

Seluruh ABK ditolong kru KM Bahari 20 yang berangkat dari Jakarta tujuan Sorong Papua. Setelah ditolong, seluruh ABK dibawa ke Pelabuhan Sangkapura, Bawean. Sekitar pukul 09:00, seluruh ABK di dermaga Bawean.

Setelah beristirahat satu jam di Pulau Bawean, mendapatkan 12 ABK dibawa ke Gresik menggunakan Kapal Natuna Express.

Kepala UPP Bawean Rudy Susanto membenarkan adanya kapal Raden Joyo 2 yang tenggelam di perairan bagian timur yang jaraknya 50 mil dari Pulau Bawean.<

"Seluruh ABK sebanyak 12 orang selamat setelah mendapat pertolongan kapal Bahari 20, selanjutnya naik kapal Natuna Express menuju Pelabuhan Gresik,"ujarnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean