Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Dinkes Edukasi Penggunaan Obat di Bawean

Dinkes Edukasi Penggunaan Obat di Bawean

Posted by Media Bawean on Minggu, 10 April 2016



Menyikapi maraknya oplosan obat batuk komik di Pulau Bawean, UPT Puskesmas Sangkapura segera turun tangan untuk sosialisasi dampak penggunaannya. dr Tony S Hartanto Kepala UPT Puskesmas Sangkapura mengatakan, obat batuk komik memang diperbolehkan dijual bebas dipasaran. “Tidak ada larangan penjualan obat batuk komik,” katanya.

Hanya persoalannya obat tersebut cenderung disalahgunakan dengan mengoplos sampai over dosis. “Kecenderungan disalahgunakan dikarenakan mereka belum memahami dampaknya,”ujarnya.

Mengatasi persoalan tersebut, UPT Puskesmas Sangkapura bersama Muspika akan gencar mengadakan sosialisasi dampak penggunaannya yang berlebihan. “Termasuk mendatangi penjual obat, agar membatasinya dalam melayani pembeli obat batuk komik,” paparnya.

AKP Arif Rasyidi Kapolsek Sangkapura menyatakan, pengguna oplosan komik tidak bisa dijerat hukuman. Sebab, obat tersebut legal dalam penjualannya.

Menurutnya tugas Dinas Kesehatan untuk gencar melaksanakan sosialisasi untuk pencegahaan. Misalnya menjelaskan dampak dari penggunaan obat yang berlebihan. Maraknya oplosan komik selama ini karena dinkes tidak melakukan pencegahan. Bahkan ada kecenderungan membiarkan sehingga merajalela di Pulau Bawean. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean