Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Miniatur Jhukong Souvenir Khas Wisata Noko

Miniatur Jhukong Souvenir Khas Wisata Noko

Posted by Media Bawean on Rabu, 12 Oktober 2016




Menyambut Pulau Bawean sebagai tujuan wisata di Jawa Timur, sekelompok anak muda di Sidogedungbatu Sangkapura berkresi dengan memproduksi miniatur Jhukong (perahu nelayan) yang diberi nama Noko Son.

Edi Faiz owner art cafts mengatakan miniatur jhukong sebenarnya mempunyai visi dan misi bagi kami pemuda desa Sidogedungbatu.

Pengrajin art crafts jhukong menurutnya adalah kelompok atau tim work yaitu ada pembuat, pelukis, konseptor, marketer, dan lain-lain. "Sekarang sudah memperkerjakan sebanyak 10 orang,"katanya.

Menurutnya para pekerja yang bergabung art crafts ini mayoritas memiliki pekerjaan tetap disiang hari. Sehingga untuk memproduksi miniatur jhokong bisa dilakukan di malam hari.

Diharapkan produksi mereka menjadi souvenir eko wisata bahari Pulau Noko Sidogedungbatu. Sekaligus membangun ekonomi kreatif warga. "Harapannya kedepan bisa jadi maskot wisata bahari Pulau Bawean,"harapnya.

Bahan baku untuk miniatur jhukong ini dari kayu sengon, beri, jati, kelapa dan kayu nangka.

Harga jual miniatur jhukong dipatok mulai Rp. 35ribu sampai Rp. 150ribu tergantung ukurannya. "Adapun modelnya miniatur sangat banyak, ,"paparnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean