Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Bangkai Kapal MV Tungkal Samudra Bakal Dilelang

Bangkai Kapal MV Tungkal Samudra Bakal Dilelang

Posted by Media Bawean on Selasa, 10 Juli 2018


Lama tak terdengar, Kapal Motor MV Tungkal Samudra 01 milik Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dipastikan segera dilelang.Kapal yang dibeli seharga Rp 14 Miliar pada 2002 itu, sempat disewa untuk angkutan penumpang tujuan ke Pulau Bawean.

Namun kapal mewah ini lebih banyak bersandar di pelabuhan Gresik, Jawa Timur sejak 2015 dalam kondisi rusak parah. ‎ Kepastian itu disampaikan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tanjab Barat, Rajiun Sitohang.

Dia menyebutkan, jika kondisi kapal cepat ini sudah rusak parah. Banyak sudah bagian-bagian kapal yang keropos. Bahkan, bagian dek dan body kapal sudah ambruk dan berlumut. ‎Menurutnya, perintah lelang itu atas perintah dan arahan Bupati Tanjab Barat, Safrial.

"Kapal itu sudah tidak bisa diapa-apakan lagi. Memang harus segera dijual," ujarnya di Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, Selasa (10/7).

Terkait kasus hukum yang sempat membelit Kapal MV Tungkal Samudra tersebut, dia menjelaskan, Pemkab sudah meminta surat pernyataan clean and clear dari Kepolisian dan Kejaksaan.

Isi dari surat itu adalah, bahwa dua instansi vertikal tersebut menyatakan, tidak ada persoalan jika ingin melelang kapal itu.

"Walau kita sudah ada surat itu, tapi saya tetap memerintahkan bawahan saya untuk menelaah isi kedua surat itu ke bagian hukum baru kemudian didisposisi ke kabidnya. Surat itu sudah 4 hari yang lalu saya buat," beber Rajiun.

Untuk lelang ini, pihaknya akan meminta bantuan KPKNL supaya bisa menghitung nilai kapal yang dibeli tahun 2004 silam tersebut.

"Nanti kita surati KPKNL. Berapa nilai yang layak untuk kapal itu. Kalau ada yang mau beli sampai miliaran wah sudah hebat sekali itu," tandasnya. (IMC02)

Reporter : Hengky

Sumber IMC News

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean