Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Nasib Nelayan Bawean Kian Memburuk, Seiring Maraknya Cantrang

Nasib Nelayan Bawean Kian Memburuk, Seiring Maraknya Cantrang

Posted by Media Bawean on Minggu, 14 April 2019


Nasib nelayan di Pulau Bawean Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur kian memburuk seiring maraknya nelayan asal luar yang mencari ikan dengan menggunakan alat tangkap cantrang.

Akibat maraknya nelayan dari luar yang beroperasi di perairan laut yang jaraknya sangat berdekatan dengan Pulau Bawean, diantaranya banyak karang yang rusak dan bubu (sarang ikan) jadi rusak berantakan.

Ahen tokoh masyarakat di Pejinggahan desa Tanjungori mengatakan banyak nelayan setempat mengeluhkan maraknya nelayan cantrang asal luar yang beroperasi di perairan laut dekat Pulau Bawean. Keluhan disampaikan menurutnya, sulitnya mencari ikan dan sarang ikan yang dimiliki juga rusak sehubungan tersapu jaring cantrang.

Ironisnya, melihat banyaknya nelayan dari luar yang beroperasi sepertinya dibiarkan oleh aparat terkait, khususnya petugas yang memiliki kewajiban menjaga keamanan laut. "Sudah seringkali dilakukan penangkapan oleh nelayan setempat, tapi kenapa bertambah kian marak sekarang ini,"katanya.

Padahal nasib nelayan setempat sudah diambang krisis tingkat tinggi untuk mencari mata pencarian sebagai pelaut.

Lebih lanjut Ahen berharap kepada aparat terkait untuk segera turun tangan membantu mengatasi persoalan masyarakat. "Jangan menunggu sampai nelayan melakukan aksi anarkis, baru turun tangan,"harapnya.

Hal senada disampaikan Asrapi anggota kelompok nelayan SEHATI asal pajinggahan, saya berharap nelayan cantrang tidak beroprasi di zone yang telah disepakati bersama. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean