Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Yahya Zaini Minta Pemda Gresik Serius Garap Wisata Bawean

Yahya Zaini Minta Pemda Gresik Serius Garap Wisata Bawean

Posted by Media Bawean on Kamis, 06 Agustus 2020


Dalam momentum pulang kampung saat lebaran Idul Adha, anggota DPR RI Yahya Zaini, berkesempatan berkunjung ke beberapa obyek wisata di Bawean, antara lain, Pulau Noko, Pulau Cena dan Lokasi Penangkaran Rusa Bawean, 3 dan 4 Agustus 2020.

Sebagai putera daerah, Yahya sangat bangga dengan keindahan alam dan potensi wisata di Bawean. Namun pengembangannya masih sangat lamban. Ia membandingkan 2 tahun lalu berkunjung ke tempat yang sama,  perubahannya sedikit sekali. Misalnya di Pulau Noko, sudah ada gazibu, toilet dan musholla, namun sayang tidak ada perawatan. 

Bahkan lokasi penangkaran Rusa Bawean terkesan tidak terawat dengan baik. Padahal Rusa Bawean merupakan rusa tunggal yang jenisnya hanya ada satu di dunia. Rusa Bawean " Atung" sangat terkenal di dunia karena pernah jadi maskot Asian Games 2018 yang lalu di Jakarta. Popularitas Atung tidak sebanding dengan perhatian dari Pemda untuk membenahi fasilitas penangkaran maupun sebagai obyek wisata, tegas anggota DPR dari Partai Golkar tersebut.

Demikian halnya dengan pulau Cena, obyek wisata yang belum tergarap dengan baik, padahal selain  keindahan alamnya, luat di kawasan Pulau Cena kaya dengan terumbu karang yang eksotik. Salah satu  spot diving yang menyenangkan bagi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. 

Menurut Yahya perlu ada kordinasi yang baik antara Pemda Gresik dengan Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Pariwisata untuk memajukan wisata di Bawean. Ia juga berharap Pemerintah Desa dapat dilibatkan supaya sebagian dana Desa bisa dialokasikan untuk pengembangan wisata di wilayahnya. Pemda harus aktif mendorong dan menggerakkan Pemerintah Desa,  tegasnya.

Selama ini perhatian Pemda Gresik sudah lumayan bagus, tetapi belum cukup. Perlu ada peta jalan yang jelas serta dorongan yang kuat untuk mempercepat pengembangan wisata Bawean. Partisipasi masyarakat Bawean sangat besar untuk mendorong kemajuan wisata. Tokoh-tokoh Bawean yang ada di rantau, seperti di Jakarta, Surabaya dan kota-kota lain sangat peduli terhadap kemajuan kampung halamannya. 

Sekali lagi, Yahya berharap Pemda Gresik lebih serius menggarap wisata di Bawean ke depan. Sebab, Bawean bisa jadi icon wisata Kabupaten Gresik dan bahkan Propinsi Jawa Timur. Sebagai Anggota Anggota DPR RI ia selalu siap untuk membantu, pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean