Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Arti Penting Visi Kepemimpinan

Arti Penting Visi Kepemimpinan

Posted by Media Bawean on Kamis, 07 Oktober 2021


Visi tanpa aksi hanyalah mimpi. Aksi tanpa visi hanyalah buang-buang waktu. Visi yang diiringi dengan aksi bisa mengubah dunia (Joel A. Barker)

Warren G. Dennis menyatakan bahwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk menerjemahkan visi menjadi kenyataan (Creative Collaboration: 2020). Tugas pokok pemimpin daerah adalah mengorkestrasi semua elemen di daerahnya untuk melakukan hal yang benar (doing the right things) dengan cara yang benar pula (doing the things right).

Seorang pemimpin suatu daerah atau kecamatan atau desa, dapat menciptakan atau memantik gagasan-gagasan luar biasa dari dan untuk daerahnya. Dia dapat melihat potensi di tengah keragaman disiplin ilmu dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat. Lantas, dia akan mencari titik temu untuk mengembangkannya. Sebuah daerah tidak perlu membangun kemajuan “semu”, berusaha tampak modern dengan menanggalkan kearifan lokal, mengabaikan kebutuhan masyarakatnya, bahkan cenderung menafikan potensi daerahnya.

Untuk itu, visi perubahan pemimpin, bukanlah mengubah “Haluan” sehingga menjadi identik dengan daerah lain, tetapi perubahan untuk lebih dalam menggali potensi yang dimiliki, memupuk, dan mengembangkan potensi itu lebih cepat. Ketika potensi yang ada tidak dikelola dengan baik, bahkan cenderung terpinggirkan, dikhawatirkan jati diri dan kekhasan daerah itu semakin tenggelam, di tengah derasnya arus perubahan zaman.

Di tengah keterbatasan waktu, anggaran, dan SDM yang dimiliki, seorang pemimpin akan dikenang keberhasilannya dalam membangun fondasi yang kuat dalam kepemimpinannya. Seperti pepatah “perjalanan 1.000 mil dimulai dari langkah pertama”. Untuk itu, bagi pemimpin, langkah penting pertama adalah menetapkan visi perubahan dan memastikan visi perubahan itu tidak salah arah. Sebab seluruh komponen akan diajak dalam satu pandangan dan langkah untuk menggapai cita-cita itu.

Seorang pemimpin suatu daerah atau wilayah, memiliki wewenang yang besar untuk menentukan arah dan kebijakan pembangunan di daerahnya, menggerakkan seluruh komponen pemerintahan, swasta, dan masyarakat untuk mencapai visinya. Maka, tidak terbayangkan energi yang sedemikian besar itu jika dimobilisasi pada arah yang kurang tepat, bergerak pada visi yang tidak sesuai potensi.

Suatu daerah akan berkembang jika visi perubahan pemimpinnya kuat, sehingga menjadi arah bagi semua pelaku pembangunan  dan seluruh lapisan masyarakat. Perkembangan suatu daerah ditentukan kejelasan dan kekuatan visi perubahan, dan itulah esensi kekuatan pemimpin. Ketika visi pemimpin memandu gerak pembangunan dengan potensi daerah, maka irama dan derap setiap langkah seluruh komponen akan berjalan menuju visi tersebut.

Langkah pertama untuk menjadi pemimpin yang visioner adalah dengan memahami potensi, baik individu maupun organisasi. Dari sudut pandang seorang pemimpin daerah, visi berarti memahami kelebihan dan kekurangan daerah yang dipimpinnya, memiliki tujuan akan dibawa kemana daerahnya dan mengetahui cara uintuk mencapai tujuan itu.

Pentingnya visi dalam kepemimpinan

Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi (2010-2020) menerangkan ada lima hal terkait pentingnya visi dalam kepemimpinan. Pertama, visi memberi kita petunjuk kemana tujuan kita. Kedua, visi memberi kita motivasi dan inspirasi untuk tidak menyerah. Ketiga, visi membantu kita terus melangkah ke depan dan mengatasi rintangan. Keempat, visi membuat kita terfokus. Dan kelima, visi menjadikan pekerjaan kita lebih berarti.

Adapun lima langkah menurut Azwar Anas yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi. Pertama, ciptakan visi bersama yang kuat. Kedua, jelaskan kenyataan yang ada secara jujur. Ketiga, ketahui strategi kunci dan ciptakan sistem yang mendorong langkah ke depan. Keempat, rancang kerjasama dan komunikasi. Dan kelima, pegang teguh komitmen pribadi.

Dengan demikian, pemimpin yang mampu memahami lima arti penting visi dan menjalankan lima langkah mewujudkan visi, pada saatnya kelak akan bisa mengubah dunia. Minimal bisa mengubah desa atau kecamatan atau daerahnya masing-masing.

(Kemas Saiful Rizal, Kemas S. Rizal, Kontributor Media Bawean).

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean