Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Babinsa Koramil Sangkapura dampingi Pembuatan Petis di Pudakit Barat

Babinsa Koramil Sangkapura dampingi Pembuatan Petis di Pudakit Barat

Posted by Media Bawean on Minggu, 30 Oktober 2022




Babinsa Desa Pudakit Barat Sertu Darul Alam yang merupakan anggota Babinsa Koramil 0817/17 Sangkapura melaksanakan kegiatan pendampingan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) pembuatan Petis  dari hasil laut di rumah ibu Rofik. Minggu(30/10/2022).

Petis merupakan produk pengolahan hasil laut dari masyarakat bawean. Yang mana kegunaannya untuk campuran dalam membuat sambal dan bumbu rujak.

Pembuatannya dari sari ikan layang di masak pindang, Proses pembuatannya dari sari ikan layang secara direbus sampai dengan mengental lalu diberi campuran gula aren, setelah petis jadi kemudian dilakukan packing atau pengemasan dan siap untuk dipasarkan.

Sertu Darul dalam pendampingannya kali ini menyampaikan, “Usaha UMKM harus memiliki pengemasan yang dapat menarik daya minat konsumen, dan yang penting dapat menjaga kualitas rasa petis hasil produksinya, sehingga proses penjualan dapat meningkatkan daya jual dan perekonomian Ibu Rofik.”tuturnya.

Sambungnya, “Saya harap pengusaha UMKM juga harus melek info terupdate melalui dunia internet, karena kondisi sekarang internet sangat berpengaruh penting dalam kehidupan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui aplikasi belanja online, semoga kedepannya masyarakat sangkapura yang berkecimpung di dunia perikanan menjadi lebih inovatif dan mapu mengembangkan hasil lautnya dengan berbagai produk.”ujarnya.

Ibu Rofik selalu pelaku UMKM saat bersama Sertu Darul mengatakan bahwa dirinya kini  mampu dalam setiap hari memproduksi petis hingga sampai 450 kemasan.

“Alhamdulillah petis buatan saya selalu habis, dan konsumen tidak hanya lokal saja yang datang kesini untuk membeli, tetapi petis ini juga sebagian sudah pesanan para konsumen di beberapa daerah, bahkan petis kami juga dikirim ke Malaysia dan Singapura.” Bangganya.(Pen0817)

Sumber : Media Kodim Gresik

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean