Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Bibit Aren Genjah, Program UISI Berikutnya di Pulau Bawean

Bibit Aren Genjah, Program UISI Berikutnya di Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Jumat, 25 November 2022


Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) UISI 2022 yang digelar di Desa Balikterus Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean Kabupaten Gresik dengan dukungan Kemendikbud Ristek telah resmi ditutup pada Rabu (23/11/2022) kemarin.

Namun pada tahun 2023, UISI telah merencanakan program lanjutan. Menurut dosen UISI, Azmi Alvian Gabriel, S.TP., M.P., MPM, program lanjutan yang dimaksud adalah penguatan ekosistem hutan aren sebagai sumber bahan baku untuk memberikan dampak berkelanjutan bagi kegiatan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal. 

Menurut Gabriel, program tersebut direncanakan akan dilaksanakan UISI dengan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan cara pengadaan Bibit Aren Genjah Kutim asal Kalimantan.

Dijelaskan oleh Gabriel bahwa Aren Genjah asal Kalimantan tersebut berdasarkan penelitian IPB (Institut Pertanian Bogor) memiliki keunggulan produktivitas nira aren yang tinggi sekitar 30 liter perhari (sementara pohon aren di Bawean hanya 10-15 liter) serta karakteristik tanaman dengan tinggi maksimal 7 meter, sehingga memudahkan proses pemanenan oleh petani nira. 

Dengan Bibit Aren Genjah ini diharapkan petani Gula Aren di Pulau Bawean nantinya mampu meningkatkan produksi dan berdampak pada peningkatan penghasilan, ujar Gabriel.

( Kemas S. Rizal, Kontributor Media Bawean)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean