Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kapal Motor Meledak di Pantai Utara Lamongan

Kapal Motor Meledak di Pantai Utara Lamongan

Posted by Media Bawean on Jumat, 07 November 2008

Media Bawean, 7 November 2008 Sumber TEMPO Interaktif

TEMPO Interaktif, Lamongan:Kapal motor yang memuat bahan bakar (solar) meledak di pelabuhan Sedayu Lawas, Kecamatan Brondong, Lamongan, Jawa Timur, Kamis (6/11) malam. Untuk sementara polisi masih menyatakan murni kecelakaan dan belum ada tanda-tanda sabotase.

Polisi Resor Lamongan dan dibantu Polisi Air Udara (Airud) Brondong hingga kini masih menyelidiki penyebab ledakan. Tetapi dugaan sementara, penyebab ledakan berasal dari generator (untuk penerang lampu) yang diduga ada kerusakan jaringan kabel.

Hingga, Jumat (7/11) pagi, polisi melakukan pemeriksaan Kapal Al Amin, di pelabuhan Sedayu Lawas. Akibat ledakan, empat orang mengalami luka bakar: nakhoda Samsu,41 tahun, Ali, 52 tahun, anak buah kapal yang kini dirawat di sebuah rumah sakit di Tuban. Kemudian, Harto, 36 tahun, dan Hanto, 35 tahun.

Keduanya pekerja di pelabuhan Sedayu Lawas Brondong, yang kini dirawat di Pusat Kesehatan Masyarakat Brondong. Sedangkan lima anak buah kapal Al Amin selamat dari ledakan tersebut.

Informasi dari piket Satuan Polisi Air Udara Brondong, sebelum terjadi ledakan, kapal Al Amin sedang sandar dan dalam proses memuat solar. Kapal itu berencana akan menuju ke Pulau Bawean, Gresik. Saat itu, seorang anak buah kapal sedang menghidupkan generator kapal. Tetapi tidak berapa lama, tiba-tiba terdengar ledakan di sekitar generator.

Akibatnya, empat orang tersulut api dan mengalami luka bakar. Tetapi, beberapa anak buah kapal langsung melakukan pemadaman api dari tabung pemadam darurat. Api berhasil dipadamkan. Puluhan orang yang berada tak jauh dari pelabuhan Sedayu Lawas langsung melakukan pertolongan. Kapal kemudian ditarik ke pinggir atas perintas Kepala Satuan Polisi Air Udara Brondong, Ajun Komisaris Polisi Agung.

Himpunan Nelayan Indonesia, Lamongan, Zaenal, mengatakan akan ikut membantu mencari penyebab ledakan di Kapal Al Amin, Brondong. Dalam satu tahun ini, pengiriman barang dari Brondong ke Pulau Bawean, cenderung meningkat.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polisi Resor Lamongan, Ajun Komisaris Polisi Agus Suprianto mengatakan, terjadinya ledakan untuk sementara murni kecelakaan. Belum ditemukan ada unsur lain, seperti misalnya, ada dugaan sabotage. “Murni kecelakaan,” tegasnya pada Tempo, yang dihubungi via telepon, Jumat, pagi.

Sujatmiko

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean