Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Tarif Turun, Satu Kapal Keberatan

Tarif Turun, Satu Kapal Keberatan

Posted by Media Bawean on Selasa, 20 Januari 2009

Media Bawean, 20 Januari 2009

Sumber : SURYA
GRESIK | SURYA Online-Badan Pembina Transportasi Daerah (BPTD) Gresik akhirnya mematok penurunan tarif angkutan laut, dalam rapat koordinasi di kantor Bupati Gresik, Senin (19/1). Manajemen KMP Dharma Kartika masih keberatan dengan penurunan tarif itu. Rencananya, tarif ini akan diberlakukan mulai Sabtu (24/1).

Hasil rapat BPTD Gresik menyebut, telah ditentukan besaran tarif baru setelah harga BBM turun. Selain tarif angkutan darat, BPTD Gresik juga telah mematok tarif baru untuk dua kapal penumpang yang melayani trayek Gresik-Bawean, KM Express Bahari 8B dan KMP Dharma Kartika. “Rata-rata tarif turun Rp 10.000,” kata Kabag Humas Pemkab Gresik, Hari Syawaludin, Senin (19/1) sore.

Hari menyatakan, wakil manajemen KM Express Bahari 8B sudah menyepakati besaran tarif baru. Tarif penumpang kelas VIP akan menjadi Rp 150.000 dari yang semula Rp 160.000. “Namun satu kapal lainnya, KMP Dharma Kartika masih keberatan,” tegas Hari.

Soal keberatan itu, BPTD, kata Hari, akan menunggu hingga tarif diberlakukan. Jika dalam batas itu manajemen KMP Dharma Kartika tetap keberatan, tarif baru tetap berlaku karena telah disepakati dalam rapat BPTD.

Manajer Operasional KMP Dharma Kartika, M Sofyan mengakui telah mengusulkan penurunan Rp 5.000. Jika di bawah angka ini, bisa dipastikan akan rugi. Sampai saat ini biaya operasional kerap tidak tertutup dengan jumlah penumpang. “Gaji dan operasional kapal kan masih tetap,” kata Sofyan, Senin (19/1).

Terkait dengan penurunan tarif kapal rata-rata sebesar Rp 10.000, Sofyan mengaku belum menerima laporan dari tim manajemen. Sofyan belum bisa menjelaskan sikapnya karena masih menunggu keputusan jajaran direksi PT Dharma Lautan.

Abdul Basid Karim, Koordinator LSM Gerakan Rakyat Bawean, mendukung langkah BPTD. Penurunan tarif itu sedikit membuat lega warga Bawean yang selalu membutuhkan pelayanan kapal. “Namun jangan sampai penurunan tarif juga menurunkan kualitas pelayanan,” harap Basid. st3

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean