Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pulau Bawean Penuh Budaya
Dengan Konsep Desa Wisata

Pulau Bawean Penuh Budaya
Dengan Konsep Desa Wisata

Posted by Media Bawean on Minggu, 04 Agustus 2013

Media Bawean, 4 Agustus 2013

Lomba Menulis Opini dan Artikel
Kategori Umum

Nama : Dina Jayanti 
Alamat : Kuningan, Jawa Barat 
Pekerjaan : PNS Kementerian Kehutanan RI 

Pulau Bawean adalah salah satu pulau kecil yang berada di tengah laut jawa yang letaknya 80 mil dari kabupaten Gresik secara administrasi pulau bawean terdiri dari 2 kecamatan yaitu kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak, terdiri dari beberapa suku di indonesia Madura, Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Bahasa yang di gunakan dalam berkomunikasi sehari – hari yaitu bahasa Bawean.

Sosial Budaya

Walaupun agak terpencil (berjarak 120 km dari Pulau Jawa/Gresik, melalui Laut Dalam dan Berombak Besar), Kehidupan masyarakat Bawean tergolong masyarakat yang sudah maju, dinamis dan bermobilitas tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya anak Bawean yang bersekolah di luar Pulau Bawean, dan dengan tingkat pendidikan yang tinggi.

Seperti umumnya penduduk pedesaan di Indonesia yang merupakan Negara agraris, penduduk desa-desa yang berdekatan denga kawasan Suaka Margasatwa Pulau Bawean sebagian besar bermata pencaharian di bidang pertanian yang dilakukan dipesawahan dan tegalan. Mencari ikan merupakan mata pencaharian yang paling penting bagi penduduk Bawean, Sedikit sekali para nelayan disana yang menggunkan perahu bermotor besar ataupun menggunkan peralatan modern. Sampan kecil di sebut “jukung” yang masing-masing memuat 1-2 orang nelayan dapat kita jumpai sekaligus di pantai Bawean selama musim ikan tuna (tongkol). Ada juga masyarakat menggunakan perahu layar yang cukup besar cara menangkap ikan dengan menggunakan jala dan sebagai buruan utama nelayan adalah ikan kecil yang di sebut “binggul”. Selain bisa di jual dalam keadaan ikan segar ada juga yang mengolahnya menjadi ikan kering atau ikan pindang yang di susun rapi di periuk tanah liat.

Perdagangan juga merupakan salah satu mata pencaharian penduduk Bawean, baik pedagang dalam sekala kecil maupun besar. Adanya kapal barang yang setiap hari singgah ke pulau Bawean merupkan salah satu faktor yang dapat meningkatkan sektor perdagangan di daerah ini. Pasar sebagi pusat perdagangan sudah banyak ditemukan meskipun masih secara tradisonal yang barang dagangannya masih banyak di datangkan dari Kabupaten Gresik.

Potensi Wisata

Potensi wisata adalah sesuatu yang dapat dikembangkan menjadi daya tarik sebuah obyek wisata. Dalam penelitian ini potensi wisata dibagi menjadi tiga macam, yaitu: potensi alam, potensi kebudayaan dan potensi manusia.

1. Potensi Alam
Yang dimaksud dengan potensi alam adalah keadaan dan jenis flora dan fauna suatu daerah, bentang alam suatu daerah, misalnya pantai, hutan, dll (keadaan fisik suatu daerah). Kelebihan dan keunikan yang dimiliki oleh alam jika dikembangkan dengan memperhatikan keadaan lingkungan sekitarnya niscaya akan menarik wisatawan untuk berkunjung ke obyek tersebut.

2. Potensi Kebudayaan
yang dimaksud dengan potensi budaya adalah semua hasil cipta, rasa dan karsa manusia baik berupa adat istiadat, kerajinan tangan, kesenian, peninggalan bersejarah nenek moyang berupa bangunan, monument, dll.

3. Potensi Manusia
Manusia juga memiliki potensi yang dapat digunakan sebagai daya tarik wisata, lewat pementasan tarian/ pertunjukan dan pementasan seni budaya suatu daerah. Pulau Bawean menyimpan potensi kebudayaan yang cukup beragam dan potensi alam yang masih alami yang dapat menrik wisatawan. Berikut ini potensi – potensi yang ada di bawean sebagai berikut :

A. Pencak Silat

Pencak Silat Bawean merupakan warisan budaya yang dari jaman nenek moyang terdahulu yang biasa di pentaskan saat pernikahan dan acara – acara tertentu. 


B. Seni Krencengan  

Kercengan biasanya dipersembahkan sewaktu acara Pernikahan. Penari berbaris sebaris atau dua baris. Pemain kompang dan penyanyi duduk di barisan belakang. Lagu-lagu yang dimainkan adalah lagu-lagu shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Pemain kercengan terdiri dari laki-laki dan perempuan. 


C. Mandiling 

Mandiling merupakan jenis tari tarian yang di bawakan oleh beberapa penari peria ataupun wanita dan disertai balas pantun. Mandiling masih mempertahankan alat musik tradisional yaitu tatabuhan yang ukurannya lumayan besar. Selain Mandiling ada juga Tari Mandiling Garapan yang mengabdopsi dari tarian mandiling dan pencak silat yang tertata dengan apik dan lebih moderen. 




D. Penangkaran Rusa Bawean

Penangkaran ini bertujuan untuk melestarikan rusa bawean yang sudah langka karena rusa bawean ini merupakan satwa yang dilindungi oleh negara dan merupakan rusa asli Pulau Bawean yang tidak akan di temukan habitatnya di daerah lain (endemik) keberadaannya harus di jaga. Dengan adanya penangkaran di Batu Gebeng Pudakit Barat wisatawan dapat mengetahui ataupun melihat rusa bawean dari dekat. 



E. Rumah Tempo Dulu 

Rumah asli Bawean merupakan rumah yang banyak mengapdopsi dari luar Pulau Bawean dilihat dari struktur bangunannya, yang nantinya bisa di jadikan Home Stay untuk wisatawan yang akan menginap.


F. Durung 

Durung suatu pondokan rumah dari kayu berbentuk panggung berukuran kecil yang biasa di bangun di depan rumah yang atapnya biasa di gunakan untuk menyimpan beras atau hasil pertanian lainnya. dan di bawah di fungsikan tempatan berkumpul,berdiskusi atau bercengkrama melepas kepenatan. 


G. Kerajinan 

Tikar pandan dari Bawean mempunyai corak yang beragam. Tikar pandan bisa di jadikan kerajinan tas dan tempat pensil yang dapan menambah daya tarik pembeli wisatawan untuk oleh – oleh.


H. Makanan Khas 

Makanan – makanan yang di miliki oleh masyarakat bawean dengan ciri khas tertentu yang rasanya berbeda dengan derah – daerah lain. Yang nantinya bisa di sajikan kepada wisatawan yang datang dan sebagai buah tangan. 


I. Wisata Alam 

Wisata Alam Danau Kastoba merupakan wisata yang mempunyai daya tarik tersendiri untuk mengunjunginya dengan alamnya yang indah dengan hutan yang masih lestari. 


Konsep Desa Wisata

Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Desa Wisata merupakan kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik tertentu yang kemudian berpotensi dikembangkan untuk menarik pengunjung. Karakteristik desa tersebut diolah dan dikemas lebih menarik guna menjadi tujuan wisata.

Wisata pedesaan sebenarnya suatu bentuk pariwisata minat khusus yang dikemas secara komprehensif sehingga para wisatawan dapat berinteraksi secara lengkap baik dengan alam lingkungan maupun dengan masyarakat sekitar termasuk juga budaya dan tradisi didalamnya.

Kebudayaan adalah esensi kehidupan bangsa. Mengenal kebudayaan bangsa berarti mengenal aspirasinya dalam segala aspek kehidupannya sedangkan Pariwisata yaitu suatu kegiatan yang secara langsung menyentuh dan melibatkan masyarakat sehingga membawa berbagai dampak terhadapa masyarakat setempat.

Prinsip pengembangan desa wisata adalah sebagai salah satu produk wisata alternatif yang dapat memberikan dorongan bagi pembangunan pedesaan yang berkelanjutan serta memiliki prinsip-prinsip pengelolaan antara lain, ialah: (1) memnafaatkan sarana dan prasarana masyarakat setempat, (2) menguntungkan masyarakat setempat, (3) bersekala kecil untuk memudahkan terjalinnya hubungan timbal balik dengan masyarakat setempat, (5) menerapkan pengembangan produk wisata pedesaan, dan beberapa kriteria yang mendasarinya.

Dengan adanya potensi-potensi dan kebudayaan tersebut di atas saya berfikir untuk menjadikan model desa wisata, kenapa harus desa wisata? karena yang saya ingin di tonjolkan yaitu budaya Bawean yang unik dan sebagai pemberi indentitas bagi kepariwisataan Kabupaten Gresik sebagi pusat pariwisata di Jawa Timur, yang dapat di nikmati oleh wisatawan lokal maupun luar negri yang ingin mengetahui tentang kebudayaan tradisional pulau Bawean. Maka dari itu konsep desa wisata ini dapat :

a. Melestarikan Seni Budaya asli Pulau Bawean : Pencak Silat, dan Seni Kerencengan
b. Mengembangakan Masyarakat sebagai Pemandu Wisata (Interpreter)
c. Memperkenalkan makanan – makanan dan kerajinan di Pulau Bawean
d. Mengembangkan fasilitas rumah tempo dulu menjadi penginapan (Home Stay)
e. Melaksanakan kegiatan Adat
f. Merencanakan event pariwisata
g. Mengenalkan Rusa Bawean
h. Merawat lingkungan hidup dengan menanam pohon buah – buahan, pohon mangrove ataupun pohon – pohon lokal yang hidup di Pulau Bawean

Selain berbagai keunikan, kawasan desa wisata juga harus memiliki berbagai fasilitas untuk menunjangnya sebagai kawasan tujuan wisata. Berbagai fasilitas ini akan memudahkan para pengunjung desa wisata dalam melakukan kegiatan wisata. Fasilitas-fasilitas yang sebaiknya dimiliki oleh kawasan desa wisata antara lain adalah sarana transportasi, telekomunikasi, kesehatan, dan juga akomodasi.

Khusus untuk transportasi memang harus di perhatikan perjalanan laut dari Kabupaten Gresik ke Pulau Bawean kapal yang mamupu melayani para wisatawan dengan baik dari segi keselamatan. Mungkin terkendala saat ini adalah transportasi yang kadang terputus apabila cuaca buruk dan sampai saat ini pemerintah Gresik kususnya Dinas Perhubungan Gresik harus segera tanggap dan segera menyediakan transportasi yang baik agar pelayanan bisa lancar. Untuk sarana akomodasi, desa wisata menyediakan sarana penginapan berupa pondok-pondok wisata (home stay) sehingga para pengunjung dapat turut merasakan suasana desa dengan budaya yang masih asli.

Demikian dengan adanya desa wisata di Pulau Bawean akan meningkatkan perekonomian masyarakat yang dulunya hanya banyak meluangkan waktu di sawah atau nelayan sekarang dapat menyewakan rumahnya untuk penginapan sementara (Home Stay) membuat kerajianan dari tikar pandan, membuat makanan khas yang di kemas dengan bagus untuk oleh-oleh, dan masih banyak lagi tergantung nanti konsep yang akan kita buat dan paket-paket apa aja yang akan di tawarkan.

(Dokumentasi websate alamat kamerabawean.blogspot.com, bekubawean.blogspot.com, www.bawean.net, nutrisiuntukbangsa.org, gresikkab.go.id )

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean