Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Membedah Rumah Terbebas Banjir
BAZ Sangkapura Peduli Kaum Dhuafa

Membedah Rumah Terbebas Banjir
BAZ Sangkapura Peduli Kaum Dhuafa

Posted by Media Bawean on Kamis, 30 Januari 2014

Media Bawean, 30 Januari 2014


Mengawali program kerja diawal tahun 2014, Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan Sangkapura meresmikan pembangunan rumah warga miskin di desa Kotakusuma, kecamatan Sangkapura. Pulau Bawean, Gresik (rabu, 29/1/2914).

Acara peresmian dihadiri oleh Sekcam Sangkapura, Wardi SH, hidir perangkat desa Kotakusuma M. Ainus Syamsi, dan Dulgani kepala dusun, H. Munayat,sebagai tokoh masyarakat dan Pengurus BAZ Kecamatan Sangkapura.

Pembangunan rumah warga miskin di desa Kotakusuma merupakan program bedah rumah bersama antara BAZ Kecamatan dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) desa Kotakusuma. Program ini bertujuan memberikan motivasi kepada UPZ desa dan UPZ dusun dalam menggali zakat, Infak dan shadakah dari para muzakki.  Kemudian hasilnya akan disalurkan kembali kepada warga miskin di desa dan dusun tersebut.

Adapun rumah yang mendapatkan bantuan Program Bedah Rumah adalah rumah milik Sum’ah warga dusun Pateken Desa Kotakusuma. Seorang janda miskin, tidak bekerja secara tetap dan untuk keperluan sehari-hari masih memerlukan bantuan dari sanak familinya, sedangkan kondisi rumahnya tidak bisa ditempati. Apabila musim hujan tiba, karena air banjir mengepung rumahnya, termasuk ruangan bagian dalam rumah. Beberapa tahun terakhir Ibu Sum’ah harus menumpang tidur di rumah familinya.

Wardi SH, mewakili Camat Sangkapura memberikan dukungan positif kepada BAZ kecamatan Sangkapura atas kinerjanya yang tepat telah memberikan bukti nyata membantu warga miskin, baik berupa bedah rumah, bantuan uang tunai, bantuan pengobatan, bantuan bencana alam dan bantuan lainnya yang telah dirasakan mamfaatnya bagi warga miskin di desa dan dusun.

Selanjutnya Sekcam berpesan agar UPZ desa Kotakusuma selalu berkoordiansi dengan BAZ kecamatan.Sangkapura didalam menggerakkan zakat di des, dan bisa mencontoh desa lain yang sudah berhasil seperti desa Gunung Teguh dan desa Bululanjang dalam menyadarkan muzakki untuk menyerahkan zakatnya kepada Amil zakat Desa dan Amil Dusun yang sudah dibentuk.

M.Masykur selaku Ketua BAZ Kecamatan Sangkapura berterimakasih kepada UPZ desa Kotakusuma, khususnya melalui motor penggeraknya (muharrik) di dusun Pateken yaitu Ustadz Buang, Tempal dan Marzuki yang dengan iklhas mengorbankan tenaganya hingga pembangunan rumah Ibu Sum’ah selesai bisa ditempati.

Dalam Laporannya M.Masykur menyampaikan bahwa dana pembangunan Rumah Ibu Sum’ah menelan biaya Rp. 26.400.000 (Dua puluh enam juta empat ratus ribu rupiah. ) yang berasal dari UPZ desa Kotakusuma Rp.17.320.000,- sedang dari BAZ Kecamatan sebesar Rp.9.080.000,-

Acara peresmian bedah rumah di desa Kotakusuma ditutup dengan pembacaan do’a oleh Fathani. Semoga amal baik dari para muzakki Individu, muzakki UPZ Desa dan Instansi diterima dan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT, Amin.(kiriman BAZ kecamatan Sangkapura).

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean