Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kaum Ibu di Tambak Kompak
Baca Burdah Keliling Kampung

Kaum Ibu di Tambak Kompak
Baca Burdah Keliling Kampung

Posted by Media Bawean on Minggu, 09 Februari 2014

Media Bawean, 9 Februari 2014


Kekompakan kaum ibu di desa Tambak, Pulau Bawean, Gresik layak ditiru oleh daerah lainnya, semangat penuh langkah berjalan kaki mengelilingi kampung dengan membaca burdah. 

Kegiatan dilaksanakan malam hari (jum'at malam sabtu, 7/2/2014), dengan obor (oncor : bahasa Bawean) ditangan membaca burdah berkeliling kampung. Dengan dipimpin seorang tokoh di desa Tambak, disetiap persimpangan jalan berhenti mendengarkan adzan dikumandangkan.

Anas, Kepala Dusun Tambak Timur mengatakan pembacaan burdah keliling kampung oleh kaum ibu merupakan kegiatan rutin di kampung. "Tujuannya untuk keselamatan kampung, termasuk mengusir makhluk halus yang seringkali menganggu ketentraman masyarakat,"katanya.

Pembacaan burdah dengan kelliling kampung, menurut Anas, diikuti seluruh kaum ibu, didukung oleh masyarakat, termasuk anak-anak di kampung.

Ramali, tokoh masyarakat desa Tambak ditemui Media Bawean, menyatakan kegiatan pembacaan burdah keliling kampung termasuk kegiatan rutin setiap bulan di desa Tambak. "Rencananya kegiatan pembacaan burdah keliling kampung akan dijadikan program di desa Tambak,"paparnya.

Camat Tambak, H. Imam memberikan apresiasi atas diselenggerakannya pembacaan burdah keliling kampung. "Kegiatan positif yang layak dikembangkan dan dipertahankan,"tuturnya ketika ditemui Media Bawean ketikan ikut serta dalam pembacaan burdah keliling kampung. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean