Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Cuk Sugrito (Budayawan Bawean) Raih Penghargaan Pelita Nusantara

Cuk Sugrito (Budayawan Bawean) Raih Penghargaan Pelita Nusantara

Posted by Media Bawean on Minggu, 09 Maret 2014

Media Bawean, 9 Maret 2014

Cuk Sugrito, Budayawan asal Pulau Bawean, Gresik dinobatkan menerima penghargaan  Pelita Nusantara dari Indonesia MDG Awards (IMA) tahun 2013, 

Dihubungi Media Bawean (minggu, 9/3/2014), Cuk Sugrito membenarkan telah menerima penghargaan Pelita Nusantara dari Indonesia MDG Awards (IMA) tahun 2013. "Rencananya tanggal 14 Maret 2014 berudensi bersama Presiden RI di Istana Negara, selanjutnya tanggal 15 Maret 2014 akan menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Presiden RI bertempat di Gedung Jakarta Theater,"katanya.

Menurutnya, diantara 23 penerima penghargaan se- Indonesia, Cuk Sugrito menerima penghargaan kategori pengabdian pendidikan dan pelestarian budaya daerah.

Tokoh Budayawan Pulau Bawean memasuki usianya ke-71 tahun tak pernah mengharap ataupun bermimpi akan menerima penghargaan, apalagi diserahkan langsung oleh Presiden RI. 

"Ternyata Guru Indonesia Mengajar (IM) telah mengusulkan untuk menerima penghargaan tanpa sepengetahuanku. Ternyata diam-diam sering berkunjung ke rumah, tujuannya mengusulkan untuk menerima penghargaan,"paparnya.

Apakah merasa bahagia atas penghargaan akan diterimanya? "Sekedar begini saja sudah mendapat penghargaan, menurutku biasa-biasa saja. Entahlah kalau orang lain yang menilainya "jawabnya.

Cuk Sugrito mengharap kepada generasi penerus bangsa untuk mencintai budaya daerahnya sendiri. Menurutnya, budaya daerah merupakan akar budaya nasional. "Cintailah budaya daerah sendiri untuk mengangkat budaya nasional, daripada budaya dari luar yang dikenal lebih ekstrem,"tuturnya pendidik yang menjabat kepala SMA Umma Sangkapura.

Lebih lanjut mencontohkan, siswa di SMA Umma setiap hari rabu dan kamis diwajibkan untuk berpakaian melayu. "Berpakaian melayu tujuannya untuk mempertahankan adat istiada sebagai rumpun melayu,"ungkapnya.

Dalam waktu bersamaan, group kesenian yang didirikannya bertepatan dengan jadwal tampil ke Singapura dan Malaysia. Setelah menerima penghargaan, Cuk Sugrito berencana akan terbang dari Jakarta ke Singapura untuk menyusulnya. 

Perlu diketahui, Cuk Sugrito telah menerima penghargaan Anugerah Jasawan Internasional dari Persatuan Bawean Singapura (PBS) tahun 2011, penghargaan Lencana Panca Warsa VII Pramuka dari Bupati Gresik tahun 2013, dan banyak penghargaan lainnya yang pernah terima oleh mantan Ketua LP Ma'arif Pulau Bawean. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean