Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kima (Mangsek) Go Internasional

Kima (Mangsek) Go Internasional

Posted by Media Bawean on Selasa, 27 Mei 2014

Media Bawean, 27 Mei 2014


Anda suka menikmati makanan kima atau dikenal sebutan mangsek kata orang Bawean. Jika menyukai atau menggemari silahkan membeli bila berkunjung ke Pulau Gili, desa Sidogedungbatu, Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik.

Hj. Jasnah (60 Th.) juragan kima atau ikan mangsek di Pulau Gili, ditemui Media Bawean, mengatakan bisnis yang ditekuninya ternyata banyak permintaan dari warga Pulau Bawean di luar negeri seperti di Malaysia dan Singapura.

Pencari kima atau mangsek berangkat mencari ke laut berangkat waktu pagi dan pulang waktu sore hari. Setelah datang dari laut, pencari kima langsung menjual hasilnya kepada Jasnah sebagai juragan di Pulau Gili.

Harga jual dari pencari mangsek, satu ember (bak) dibeli seharga Rp.500ribu. Kemudian, Jasnah membersihkan dan mengirisnya lalu dijemur sampai kering. Setelah kering, 1 buah kima diikat dengan tali lalu siap dijual kepada pembelinya.

Pembeli kima atau mangsek membelinya satu ikat seharga Rp.5.000. "Bila ada pengawal mau membawa ke Malaysia, biasanya membeli sampai 100 ikat dengan total uang Rp.500ribu,"jelasnya.

Berapa harga jual ke Malaysia? "Informasinya dijual 10 RM.perikatnya,"jawabnya.

Menurutnya, mangsek terasa enak dimakan bila dibuat kuah atau dicampur sayuran, bisa juga digoreng.

Terbukti, beberapa kali kunjungan ke Pulau Gili, makanan paling banyak digemari adalah mangsek atau kima. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean