Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Bawean Cuaca Buruk
Terancam Kehabisan Stok Sembako

Bawean Cuaca Buruk
Terancam Kehabisan Stok Sembako

Posted by Media Bawean on Rabu, 06 Agustus 2014

Media Bawean, 6 Agustus 2014

Cuaca buruk gelombang tinggi dan angin kencang yang melanda di perairan laut Gresik akhir-akhir ini akan mempengaruhi kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako) di Pulau Bawean. Pasalnya stok sembako tidak ada kiriman selama karena kapal-kapal tidak berani berlayar akibat gelombang tinggi.

Gelombang laut lepas sekitar Pulau Bawean setinggi 5 meter dengan kecepatan angin 32 knot membuat kapal penumpang dan kapal barang dilarang berlayar. Ada tiga titik pengiriman sembako ke Pulau Bawean. Satu dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabata, dua dari Pelabuhan Gresik dan tiga dari Pelabuhan Brondong, Lamongan.

"Stok sembako di Bawean itu akan langka jika selama sepekan tidak ada pengiriman barang sama sekali. Sekarang ini baru 3 hari di Pelabuhan Gresik untuk membawa barang. Normalnya sepekan sekali kita berlayar ke Pulau Bawean," kata Abdul Karim (55), warga Sangkapura, ABK KM Barokah Jaya.

Cuaca buruk ini semua kapal pengangkut sembako dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean bersandar di dermaga Pelabuhan Gresik. Semuanya antre untuk mengisi muatan.

"Sekarang ini kegiatan muat barang terus dilakukan. Nanti saat cuaca membaik langsung bisa berlayar secara bergantian dengan kapal barang lainnya," imbuhnya.

Permasalahan selain sembako, di Pulau Bawean yang dibutuhkan adalah ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) sebab jika sepekan tidak ada pengiriman BBM maka harganya bisa naik dua kali lipat.

"Hari-hari biasa bensin perliter Rp 8.000, jika bensin langka bisa seharga Rp 15.000 perliter," katanya.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik mengeluarkan surat himbauan kepada jasa pelayaran dan nakhoda untuk tidak berlayar karena gelombang tinggi.

Sumber : Surya

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean