Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Antisipasi Kenakalan Remaja. Muspika Gelar Penyuluhan ke Daun

Antisipasi Kenakalan Remaja. Muspika Gelar Penyuluhan ke Daun

Posted by Media Bawean on Jumat, 19 September 2014

Media Bawean, 19 September 2014


Maraknya kenakalan remaja di bumi Pulau Bawean, Gresik, disikapi olej Muspika Sangkapura dengan menggelar penyuluhan ke desa. Tadi malam (kamis malam jum'at, 18/9/2014), bertempat di masjid Daun Barat, dihadiri Abdul Adim (Camat Sangkapura), AKP. Tulus (Kapolsek Sangkapuura), Kapten Inf. Abdul Karim (Komandan Koramil Sangkapura), H. Darnoji (Puskesmas Sangkapura), dan Abdul Aziz (Kepala Desa Daun), serta seluruh remaja di Dusun Daun Barat.

Dalam penyuluhan, Camat Sangkapura, Abdul Adim mengajak kepada suruh remaja untuk bercermin atas kejadian yang ada selama ini, agar menghindari seluruh perbuatan tidak baik di masyarakat.

"Terjadinya tabrakan membawa maut di Sangkapura tadi malam, seharusnya jadi pelajaran berharga bagi kita semuanya untuk selalu berhati-hati bila mengendarai sepeda motor di jalan,"katanya.

Selain itu, Camat mengungkapkan adanya temuan beberapa anak yang mengalami gangguan syaraf akibat oplosan, juga harus dihindari demi menyelamatkan generasi penerus bangsa.

AKP. Tulus, Kapolsek Sangkapura dalam penjelasannya menyatakan Gresik sebagai Kota Santri sudah memiliki undang-undang terhadap pengguna atau penjualan minuman keras, termasuk pengguna oplosan juga bisa dikenakan sanksi.

"Sanksinya sudah diatur dalam Perda, bila nantinya ada pelanggaran hukum untuk efek jeranya tentunya proses hukum bagi pengguna ataupun penjualnya,"tuturnya.

"Sebaiknya dihindari hal-hal yang melanggar hukum agar tidak berurusan dengan pihak berwajib,"harapnya.

Menurutnya usia remaja kecenderungan mencoba tanpa memikirkan resiko yang dihadapinya, akibatnya berdampak kepada pribadinya sendiri. Dengan tegas AKP. Tulus memperingatkan jauhi narkoba. "Jangan sekali-kali mengkonsumsi narkoba karena pengguna dan pengedarnya akan dikenakan sanksi berat bila ditangkap oleh petugas,"tegasnya.

Kapten Inf. Abdul Karim (Komandan Koramil Sangkapura) mengatakan baru bertugas selama mengabdi baru di Pulau Bawean yang penduduknya muslim. "Sebagai umat Islam tentunya menghindari adanya minuman keras ataupun sejenisnya demi menyelamatkan generasi penerus bangsa,"sarannya.

Sedangkan H. Darnoji mewakili Puskesmas Sangkapura menjelaskan dampak pengunaan narkoba sejenisnya termasuk oplosan. "Maraknya oplosan disebabkan penggunanya tidak memahami resiko yang ditanggungnya akibat pengaruh penyalahgunaan yang dikonsumsinya,"ungkapnya.

"Walaupun obat, bila disalahgunakan tentunya akan berdampak besar kepada kesehatan termasuk gangguan syaraf termasuk membawa kematian bagi penggunanya,"jelasnya.

Abdul Aziz, Kepala Desa Daun mewarning kepada seluruh remaja di Daun Barat, jangan sekali-kali terlihat dalam perbuatan melanggar hukum. "Penyuluhan ini digelar dalam rangka memberikan pemahaman serta penjelasan terkait kenakalan remaja. Jika nantinya ada kenakalan yang melanggar hukum, resikonya akan berurusan dengan pihak berwajib,"terangnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean