Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Opolosan Bisa Menyebabkan Kematian

Opolosan Bisa Menyebabkan Kematian

Posted by Media Bawean on Senin, 01 September 2014

Media Bawean, 1 September 2014

Ngetrennya dunia oplosan di Pulau Bawean, Gresik menjadi sorotan khusus dari Kepala UPT. Puskesmas Sangkapura, dr. Tony S. Hartanto.

"Hentikan segera dunia oplosan, karena membahayakan kepada penggunanya yang bisa menyebabkan kematian,"katanya ketika dihubungi Media Bawean (senin, 1/9/2014).

dr. Tony S. Hartanto untuk mengantisipasi merebaknya dunia oplosan di wilayah tugasnya sudah melakukan kampanye anti oplosan ke beberapa sekolah, termasuk memberikan saran kepada pemilik toko obat di Sangkapura.

Menurutnya, opolosan yang dicampur obat batuk dengan obat nyamuk berubah menjadi racun bisa menyebabkan terganggunya saluran pernapasan, juga gangguan syaraf para pemakainya.

"Secepatnya dihentikan sehubungan sangat membayakan kepada pemakainya. Jika ingin selamat dan kesehatannya tetap baik,"sarannya.

Merebaknya dunia oplosan di Pulau Bawean, menurut Kepala UPTD Puskesmas Sangkapura disebabkan sulitnya membeli minuman beralkohol termasuk mahalnya harga jual bila ada. "Pemakainya biasanya anak muda sedang mencari jadi dirinya sehingga membahayakan masa depan penerus bangsa,"jelasnya.

Antisipasi yang sudah dilakukan, sudah berkampanye ke sekolah tentang bahaya opolosan, termasuk menghubungi pemilik toko obat agar menjual sesuai kebutuhan pemakai saja. 

"Perlu ada kebersamaan seluruh masyarakat untuk membasmi dunia oplosan di Pulau Bawean untuk menyelematkan generasi penerus bangsa, khususnya kesehatan agar tidak terganggu,"pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean