Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Muspika Bersama Pimpinan Orkes
Sepakat Pakaian Artis yang Sopan

Muspika Bersama Pimpinan Orkes
Sepakat Pakaian Artis yang Sopan

Posted by Media Bawean on Selasa, 28 Juli 2015

Media Bawean, 28 Juli 2015



Adanya himbauan Muspika Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik yang tidak diindahkan oleh artis yang berpakaian tidak sopan ketika tampil diatas panggung, menjadi bahasan dalam rapat bersama pimpinan orkes dan mandailing, hari selasa (28/7/2015) di Pendopo Kecamatan Sangkapura.

Muspika Sangkapura lengkap yaitu Camat Abdul Adim, Kapolsek AKP. Tulus, SH. dan Komandan Koramil Kapten Djoko Sardjito, juga UPT. Disparbudpora Bawean menggelar rapat bersama pimpinan orkes Gromeda, Puspita, Morena dan mandailing Rayuan Sukma.

Abdul Adim, Camat Sangkapura mengajak kepada semua pimpinan orkes untuk memperhatikan himbauan yang telah disepakati bersama terkait pakaian artis yang tampil diatas panggung. 

Menurutnya kebudayaan yang ditampilkan semestinya mengedepankan nilai seninya, bukan memamerkan aurat saat tampil diatas panggung.

Koramil Sangkapura, Kapten Djoko Sardjito menegaskan agar kesenian yang ditampilkan seharusnya mempunyai nilai etika moral yang baik. Diantaranya cara artis berpakaian harus sopan, bukan mempertontonkan yang vulgar. Apalagi penontonnya sebagian besar terdiri dari anak dan pelajar.

"Efeknya bila menyuguhi tontonan tak beretika bisa merusakan moral generasi muda di Pulau Bawean,"tegasnya.

AKP. Tulus, SH. Kapolsek Sangkapura meminta kepada pimpinan orkes untuk memperhatikan himbauan yang dikeluarkan oleh Muspika Sangkapura. Memang secara sanksinya tidak ada, sehubungan sifatnya sebagai himbauan. 

Menurutnya Muspika Sangkapura mengeluarkan himbaun bertujuan menjaga kebaikan bersama, khususnya generasi muda agar tidak disuguhi tontonan yang kurang layak seperti berpakain minim diatas panggung.

Cholis sebagai pimpina orkes gromeda menyatakan siap mendukung himbauan Muspika Sangkapura. "Terusterang sebagai warga Pulau Bawean tidak ingin tontonan yang dipertontokan bisa merusak moral generasi muda,"tuturnya.

"Sepakat jika artis tidak berpakaian sopan dengan memakai celana pendek sekali dilarang untuk tampil diatas panggung,"paparnya.

Sebagai pimpinan orkes, Cholis  meminta batasan yang berikan sampai dilutut saja, yaitu standar saja.

Awang dari Morena menyatakan tidak pernah menyuruh artis yang tampil berpakain yang tidak sopan. "Tapi persoalannya pihak tuan rumah mendatangkan artis sendiri dari Jawa,"jelasnya.

Terusterang dari pihak orkes juga merasa risih bila melihat tampilan artis yang kurang sopan dalam berpakaian.

Hal senada diungkapkan Yadi sebagai pimpinan orkes Rosita , bahwa pihak ingin memberikan tontonan yang bagus, termasuk dalam berpakain juga perlu dijaga agar sopan.

Faisyal Effendi perwakilan UPT. Disparbudpora Bawean menerangkan bahwa dalam pengurusan izin untuk tontonan sudah menerangkan adanya himbauan tentang berpakaian yang sopan.

Keputusan rapat, artis yang tampil diatas panggung diharuskan berpakaian yang sopan sampai bagian lutut. Jika himbauan tidak diindahkan, maka artis yang tampil akan minta turun untuk berganti pakaian. (bst) 

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean