Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kakap Merah Bawean Incaran Turis Asing

Kakap Merah Bawean Incaran Turis Asing

Posted by Media Bawean on Selasa, 25 Agustus 2015

Media Bawean, 25 Agustus 2015




Potensi Ikan Kakap Merah Bawean telah berhasil memikat wisatawan mancanegara. Karuan, kondisi ini membuat permintaan jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan Gresik-Bawean ini melonjak. Namun sayangnya penjualan ikan ini belum dilakukan dalam jumlah besar dan hanya menunggu turis datang sendiri.

Sulaiha, salah satu penjual ikan kakap merah di Pasar Tambak mengatakan, permintaan ikan kakap merah meningkat. Karena, turis asing dari Singapura dan Malaysia pasti mencari ikan ini saat berkunjung ke sini. “ikan kakap merah merupakan pilihan untuk oleh-oleh warga Singapura maupun Malaysia,” ujarnya, kemarin.

Dikatakan, setiap hari dipastikan ada ikan kakap merah segar dijual di Pasar Tambak. Biasanya warga Pulau Bawean, Gresik membeli ikan kakap merah yang masih segar untuk dimasak, ataupun dikeringkan bila ingin dibuat oleh-oleh ke luar negeri. “Ikan kakap merah diperoleh dari hasil nelayan yang memancing ke laut. Lalu hasil tangkapan dijual ke pasar, jadi masih segar,” paparnya.

Ditanya harganya, Sulaihan menjawab harga ikan kakap merah dijual Rp100 ribu per kilogram. “Jika dikeringkan, harga per ekor dijual Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala UPT Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Bawean, Zaini mengatakan, potensi ikan kakap merah merah memang cukup besar. Hampir seluruh nelayan yang memancing di laut pasti pulang membawa ikan jenis ini.(bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean