Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Selingkuh Pemicu Utama Perceraian di Pulau Bawean

Selingkuh Pemicu Utama Perceraian di Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Kamis, 29 Oktober 2015


Angka perceraian di Pulau Bawean diprediksi bakal mengalami peningkatan pada tahun ini. Hingga September 2015, Pengadilan Agama (PA) Bawean telah memutuskan 135 perkara perceraian. Faktor utama yang menjadi pemicu tingginya perceraian adalah perselingkuhan lantaran ditinggal merantau suaminya.

Kepala Pengadilan Agama (PA) Bawean M Shohih mengatakan sampai saat ini pihaknya telah memutus 135 perkara. Sehingga, pihaknya memprediksi angka perceraian tahun ini bakal meningkat dibanding tahun lalu. “Tahun lalu sampai Desember hanya 150 perkara, tapi tahun ini sampai September sudah 135 perkara,” kata dia.

Menurut dia, perselingkuhan menjadi faktor utama tingginya angka perceraian. Misalnya, lanjut dia, suami pergi merantau ke luar negeri, lalu istri ditinggalkan di Pulau Bawean. “Setelah lama menunggu ternyata suami tidak mengirim nafkah, akhirnya istri melakukan gugat cerai melalui pengadilan agama,” ujarnya.

Setelah lama ditinggal pergi merantau dan tidak mendapatkan kiriman nafkah, istri yang ditinggalkan suaminya merantau selingkuh sama orang lain. “Setelah suaminya mengetahui lalu melakukan talak cerai juga,” paparnya.

Hal senada disampaikan Halifi Wakil Panitera Pengadilan Agama Bawean. Pihaknya membenarkan angka perceraian sesuai data yang ada mengalami peningkatan tahun 2015. “Tingginya angka perceraian umumnya dilakukan oleh istri yang ditinggalkan merantau ke luar negeri, yaitu gugat cerai kepada suaminya,” tuturnya.

Ditambahkan, setiap ada laporan pihaknya punya kewajiban untuk menerimanya lalu memperoses sesuai undang- undang yang berlaku. “Tidak bisa kita menolak laporan perkara, semua diterimanya. Soal hasil putusan tergantung hakim yang memutuskannya dalam persidangan,” pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean