Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Gaji Guru Honorer Maksimal 20 Persen Dana BOS

Gaji Guru Honorer Maksimal 20 Persen Dana BOS

Posted by Media Bawean on Kamis, 29 Oktober 2015


Protes guru honorer lantaran gaji yang diterima terlalu kecil mendapat tanggapan dari Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pendidikan. Pasalnya, sejak awal para guru honorer sudah mendapatkan penjelasan jika sekolah tidak bisa memberikan gaji. Sesuai ketentuan, gaji guru honorer tidak boleh lebih dari 20 persen dana BOS yang diterima sekolah.

Kepala UPT Pendidikan kecamatan Tambak, Pulau Bawean Gresik Mahfud mengatakan saat mendaftar mengajar di sekolah guru honorer tersebut tidak mengharapkan gaji. Namun, saat ini mereka protes karena menerima gaji kecil. “Unsur manusiawi saja bila kepala sekolah memberikan honor setiap bulannya,” katanya.

Menurut dia, tidak mungkin sekolah bisa memberikan gaji sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK)kepada guru honorer. Sebab, dana BOS yang diterima sekolah sangat kecil tergantung jumlah murid yang ada. “Sulit untuk memberikan gaji besar, apalagi sesuai UMR sepertinya tidak memungkinkan disebabkan alokasi anggaran sekolah juga terbatas,” paparnya.

Dikatakan, sebenarnya ada solusi untuk mengatasi minimnya honor guru non PNS di Pulau Bawean melalui tunjangan daerah terpencil. Namun persoalannya tunjangan tersebut tidak semua guru bisa mendapatkan. “Selama ini tidak pernah mendapat keluhan dari guru honorer yang mengajar di sekolah, sebab mereka mengajar sudah sesuai niat awalnya tidak mengharap gaji,” imbuh dia.

Sementara itu, Ali Wafa, Kepala SDN Tambak membenarkan honor guru non PNS masih sangat minim pendapatannya setiap bulan. “Gaji guru honor di kecamatan Tambak antara Rp 150 ribu sampai Rp 500 ribu. Adapun honor Rp 500 ribu hanya hitungan jari saja, sebab disesuaikan jumlah siswa untuk pendapatan dana BOS,” terangnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean