Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Semarak 1 Muharram Pawai Obor dan Istighosah di Pulau Bawean

Semarak 1 Muharram Pawai Obor dan Istighosah di Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Selasa, 13 Oktober 2015





Ratusan warga Pulau Bawean Gresik melaksanakan pawai taaruf menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriyah.

Sambil membawa obor, peserta pakai yang didominasi siswa ini menyusuri jalanan keliling kota Sangkapura. Sebelum pawai dilaksanakan, seluruh peserta mengikuti istighosah akbar yang digelar di Alun-Alun Kota Sangkapura.

Camat Sangkapura, Abdul Adim mengajak warganya untuk turut memperingati Tahun Baru Islam. “Peringatan 1 Muharram ini harus menjadi momentum bagi pemerintah, ulama, dan para cendikiawan serta masyarakat untuk bahu membahu untuk membangun Pulau Bawean hingga menjadi pulau yang berperadaban tinggi,” katanya. 

Dia juga mengimbau, perubahan ke arah yang lebih baik dapat dimulai dari diri sendiri dan hal-hal yang kecil. Misalnya, dengan membuang sampah pada tempatnya. Tindakan yang kecil ini sangat membantu Sangkapura menjadi kota yang bersih. “Apalagi kebersihan itu sebagian daripada iman,” ucapnya. 

Makna hijrah adalah perubahan ke arah yang lebih baik menuju masyarakat yang berperadaban. Perubahan itu juga juga membuat diri menjadi bermanfaat bagi orang lain. “Sebaik-baik manusia, kata Rasul, adalah yang bermanfaat bagi banyak orang,” ucapnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean