Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Mata Air Kering, Warga Kesulitan Air Bersih

Mata Air Kering, Warga Kesulitan Air Bersih

Posted by Media Bawean on Rabu, 25 November 2015



Sebagian masyarakat di Pulau Bawean telah merasakan dampak dari musim kemarau panjang. Mereka kekurangan air bersih untuk keperluan sehari-hari.”Sudah banyak warga yang kesulitan air untuk minum dan mandi,” kata Kepala desa Kumalasa Idham Kholik.

Selama ini warga menggantungkan air dari sejumlah mata air. Namun di musim kemarau ini mata air pun mengering. “Hampir setiap hari warga disibukkan mencari air untuk mandi ataupun mencukupi kebutuhan hidup,”katanya.

Persoalan air bersih sudah lama dirasakan oleh warga, apalagi saat musim kemarau panjang seperti sekarang ini. Sehingga erlu adanya bantuan proyek air bersih untuk mengatasi persoalan kekurangan air di daerahnya.

Hal senada disampaikan Abdul Aziz kepala desa Daun membenarjan kekurangan air disebabkan mata air yang ada tidak mengalir.

Zulfan Hasyim sebagai anggota DPRD Kabupaten Gresik yang berdomisili di desa Daun mengaku persoalan yang dihadapi warga sekarang ini adalah kekurangan air. Sehingga perlu ada solusi agar air bersih mengalir ke desa Daun.

Hampir disetiap kampung di Pulau Bawean mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih akibat musim kemarau panjang.

Usman kepala BMKG Pulau Bawean menjelaskan untuk hujan diperkirakan tanggal 28 dan 29 November akan turun di Pulau Bawean. “Kemarau panjang disebabkan dampak emino sehingga tidak turun hujan. Bukan hanya di Pulau Bawean, didaerah lain bagian Indonesia timur mengalami hal yang sama,”pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean