Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Sampah Menumpuk, BLH Tunggu Masterplan TPA

Sampah Menumpuk, BLH Tunggu Masterplan TPA

Posted by Media Bawean on Kamis, 19 November 2015




Persoalan sampah di Pulau Bawean tampaknya tidak akan selesai dalam waktu dekat. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Gresik baru bisa membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) pada 2017 mendatang. Sebab, untuk masterplan pembangunan TPA baru dilaksanakan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Gresik Soemarno mengatakan sekarang masih tahapan pem- buatan masterplan. “Direncanakan tahun 2017 membuat Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPSP) di Pulau Bawean,” jelasnya.

Dikatakan, untuk lokasinya saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait. Yang jelas, lokasinya harus dekat dengan Tambak dan Sangkapura. “Bukan hanya di Pulau Bawean, di Gresik seperti Panceng menghadapi persoalan yang sama yang juga akan direalisasikan tahun 2017,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Tambak Narto mengatakan persoalan sampah masih dalam tahap perencanaan untuk mencari solusinya. “Sekarang masih proses pembuatan masterplan Bappeda Kabupaten Gresik,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Abdul Adim Camat Sangkapura, persoalan sampah jadi persoalan serius sehubungan belum adanya TPA. Apalagi menyambut Bawean sebagai daerah tujuan wisata, diperlukan lingkungan yang bersih. Sebelum ada solusi, di- perlukan kesadaran warga agar tidak membuang sampah sembarangan. “Membuang sampah pada tempatnya, walaupun belum memiliki TPA,” imbuhnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean