Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Antisipasi Sawah Tergerus Abrasi, Gelar Penanaman 10 Ribu Mangrove

Antisipasi Sawah Tergerus Abrasi, Gelar Penanaman 10 Ribu Mangrove

Posted by Media Bawean on Rabu, 30 Desember 2015




Puluhan hektar lahan persawahan di Kecamatan Sangkapura tergerus abrasi laut. Kondisi ini membuat para petani menderita kerugian karena tidak bisa bercocok tanam. Mengantisipasi hal ini, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmawas) Desa Daun, melakukan tanam pohon mangrove secara bersama-sama.

Subhan Ketua Pokmaswas Desa Daun mengatakan kondisi pesisir desa Daun sudah sangat memprihatinkan karena adanya abrasi pantai.

Menurut dia, banyak lahan sawah milik warga tidak bisa ditanami kembali. “Kalau seperti ini terus dibiarkan bisa menyebabkan kerugian bagi para petani,” ujarnya.

Dikatakan, sampai saat ini lahan persawahan yang tergerus abrasi telah mencapai 68 hektar di Kecamatan Sangkapura. Sehingga, pihaknya berinisiasi untuk bekerjasama dengan salahsatu perusahaan untuk menggelar tanam pohon mangrove. “Ini menjadi salahsatu solusi bagi masyarakat,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Desa Daun Abdul Aziz mengatakan selama ini warga hanya pasrah sehubungan tidak ada solusi kongkrit untuk menyelamatkan lingkungannya. “Melalui kegiatan penyelamatan lingkungan, ke depan diharapkan bisa melaksanakan kegiatan secara rutin,” paparnya.

Ditambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada perusahaan yang telah bersedia membantu warga. Sebab, lahan pertanian merupakan mata pencarian sebagain besar warga Bawean. “Tentu kami sangat bersyukur, semoga ke depan bisa diselenggarakan lagi,” imbuh dia. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean