Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Listrik Padam, Warga Curiga Ada Sabotase Pilkada

Listrik Padam, Warga Curiga Ada Sabotase Pilkada

Posted by Media Bawean on Selasa, 08 Desember 2015


Menjelang pelaksanaan coblosan Pilkada 2015, listrik di Pulau Bawean sering mengalami pemadaman. Karuan, kondisi ini membuat masyarakat menaruh curiga adanya unsur politik dalam kejadian ini. Menanggapi tudingan warga, pihak PLN Rayon Bawean memastikan pemadaman ini murni karena unsul alam.

Manager PLN Rayon Bawean Djoni Aswinarno mengatakan tidak ada unsur politik terkait pemadaman listrik di Pulau Bawean. Pemadaman ini murni karena faktor alam. “Sekarang sudah mulai masuk musim buah mangga di Pulau Bawean sehingga sering gangguan jaringan karena kalong,” katanya.

Menurut dia, untuk antisipasi gangguan jaringan yang disebabkan kalong, pihaknya sebenarnya telah memasang kabel terbungkus di daerah yang rawan. Tetapi kenyataannya tetap saja terjadi gangguan. “Pergantian kabel terbungkus tahun ini hanya mendapatkan jatah 20 kilometer saja, hanya 5 persen saja yang diganti,” paparnya.

Dikatakan, sesuai rutinitas tahunan memang sering gangguan saat musim buah di Pulau Bawean. “Saat musim buah akan banyak kalong nekat mengenai jaringan di tiang listrik sehingga terjadi konsleting,” jelasnya. Selain itu, terjadinya pemadaman listrik juga disebabkan power supply disambar petir.

Sehingga diganti darurat untuk sementara waktu saja. “Sulitnya mencari peralatan yang rusak di Bawean, harus membeli ke Jawa,” paparnya.

Ditambahkan, persediaan gas untuk PLTMG sudah terkirim dari Gresik ke Pulau Bawean. “Sekarang sudah tidak ada lagi pemadaman bergilir di Pulau Bawean,” pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean