Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pengrajin Angkatan Mengeluh Sepi Order

Pengrajin Angkatan Mengeluh Sepi Order

Posted by Media Bawean on Sabtu, 26 Desember 2015



Perayaan Maulid Nabi Muhammad tahun ini tampaknya tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Terbukti, saat ini para pengrajin angkatan berkat (wadah makanan yang dibawa pulang setelah kenduri. Red) mengeluhkan sepinya order yang didapatkan.

Marsum, 55, pengrajin angkatan berkat dari Desa Lebak, Sangkapura mengatakan tahun ini sepi orderan. Padahal, maulid tahun sebelumnya menerima pesanan dari berbagai daerah, termasuk dari warga Bawean yang menggelar maulid di Gresik. “Saat ini ordernya bisa dihitung dengan jari,” ujarnya.

Menurut dia, tahun ini dirinya hanya mendapatkan tiga orderan angkatan berkat dengan model kapal. Sepinya orderan ini lantaran warga sudah jarang melakukan angkatan berkat dan memilih memakan nasi di rumah masing-masing. “Jadi sangat jarang yang bikin angkatan berkat,” ungkap dia.

Dikatakan, untuk harga angkatan berkat berukuran besar mencapai Rp 300 ribu. Sedangkan untuk angkatan yang berukuran kecil, dirinya tidak mematok harga. “Terserah orang mau memberi upah berapapun,” terangnya.

Sementara itu, Tuffa Kepala Desa Lebak mengakui hasil desain angkatan berkat yang dibuat warganya sudah dikenal banyak orang di Pulau Bawean. Menurut dia, ada beberapa warga yang berprofesi sebagai desain angkatan berkat maulid. “Alhamdulillah bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan, walaupun kondisi sekarang agak sepi sehubungan maulid lebih dominan diperkecil daripada tahun sebelumnya,”pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean