Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Permintaan Tinggi, BI Rutin Keliling Bawean

Permintaan Tinggi, BI Rutin Keliling Bawean

Posted by Media Bawean on Jumat, 04 Desember 2015




Bank Indonesia (BI) intensifkan kas keliling di Pulau Bawean. Ini dilakukan untuk memenuhi permintaan warga yang ingin menukarkan uang pecahan lebih kecil. Kegiatan ini dilakukan BI selama dua hari di Pasar Sangkapira dan Pasar Tambak.

Dalam kegiatan ini, BI melayani penukaran uang kertas baru nominal Rp 1000, Rp 2 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 20 ribu. Hanya dalam waktu satu jam BI menghentikan penukaran uang lantaran kehabisan persedian uang.

Prihanto Cipto Prioutomo, Petugas BI mengatakan animo masyarakat Pulau Bawean untuk menukarkan uang pecahan ribuan sangat tinggi. Terbukti dalam beberapa menit saja sudah habis tertukar. “Merespon harapan masyarakat Pulau Bawean, sebagai petugas BI akan rutin melakukan kas keliling tahun depan,” katanya.

Menurut dia, wajar jika warga Bawean berebutan untuk melakukan penukaran. Sebab, lokasi yang terpencil membuat mereka kesulitan untuk menuju Pulau Jawa. “Apalagi terhalang jarak yang harus ditempuh naik kapal selama 3 jam dari Gresik ke Bawean,” ujarnya.

Pada kegiatan ini, petugas BI dari Surabaya juga melakukan sosialisasi uang yang masih berlaku seperti uang yang dimakan rayap. “Selama uang masih punya nilai masih bisa ditukarkan,” paparnya.

Ditambahkan, terkait uang receh jenis logam yang tidak laku dijadikan alat transaksi jual beli di Pulau Bawean, pihaknya tidak mempermasalahkan. “Memang ada daerah yang tidak mau menerima uang logam, solusinya bisa ditukar melalui Bank Jatim saja,” jelasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean