Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Sehari Penukaran Uang Tembus Rp 1,3 Miliar

Sehari Penukaran Uang Tembus Rp 1,3 Miliar

Posted by Media Bawean on Senin, 21 Desember 2015



Program penukaran uang yang dikakukan Bank Indonesia (BI) disambut antusias warga. Penukaran yang dilakukan di kas keliling menggunakan Kapal TNI AL KRI Sampari itu membukukan nilai hingga Rp 1,3 miliar. “Dalam tempo 12 jam, uang yang ditukarkan warga Bawean mencapai Rp 1,3 miliar,” kata Kepala Divisi Pembayaran Pengedaran dan Pengelolaan Uang Rupiah BI Jawa Timur, Hestu Wibowo.

Penukaran uang lama dengan baru ini merupakan bagian dari program sosialisasi uang asli dan penyerahan CSR. “Ada salah satu warga membawa satu kantong uang yang sudah lusuh tapi mempunyai nilai ditukarkan dengan uang baru,”katanya.

Menurutnya peredaran uang di Pulau Bawean terlihat sudah banyak yang lusuh sehingga perlu diganti uang baru. Dalam rangka mengantisipasi adanya uang lusuh ataupun robek, BI melakukan kerjasama dengan TNI AL untuk menjang- kau daerah kepulauan seperti Bawean.

Selain itu, petugas BI juga menggelar sosialisasi terkait keaslian uang. “Perlu sosialisasi uang asli agar masyarakat tidak tertipu uang palsu,”paparnya.

Sebagai wujud keperdulian BI melalui CSR telah diserahkan mesin genset dan sound system kepada kantor kecamatan Sangkapura dan sound system untuk SMAN I Sangkapura.

Kedepan BI akan rutin melakukan kas keliling di Pulau Bawean. Apalagi sudah ada kerjasama antara BI dengan TNI AL sampai tahun 2017.

Muhammad Yasin, Warga Bawean mengaku senang adanya kas keliling BI untuk penukaran uang. “Selama ini bingung untuk menukarkan uang yang lusuh ataupun robek, tapi BI menerimanya,”ujarnya.

Harapannya kedepan BI agar membuka kas keliling kembali di Pulau Bawean. “Apalagi warga di desa masih banyak menyimpan uang lusuh ataupun robek, sehingga perlu adanya penukaran secara rutin,”pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean