Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Polisi Nyaman Ditugaskan di Bawean

Polisi Nyaman Ditugaskan di Bawean

Posted by Media Bawean on Senin, 21 Desember 2015





Selama ini di kalangan anggota Polres Gresik menganggap, bertugas di Pulau Bawean sama saja dihukum atau dibuang. Namun kini pandangan itu berangsur mulai hilang. Bahkan sebaliknya, polisi yang ditugaskan di pulau berjarak 81 mil laut dari Kota Gresik ini merasa nyaman.

Salahsatunya Aiptu Bambang, Kanit Reskrim Polsek Sangkapura. Dia mengaku senang bisa bertugas di Pulau Bawean. Selama 5 tahun mengabdi di wilayah kecamatan Sangkapura, Aiptu Bambang merasa punya tanggung jawab untuk melaksanakan tugasnya secara baik. Walaupun jauh dari keluarganya di Surabaya, istri dan anaknya sudah memahami tugas sang ayah di Pulau Bawean.

“Jika merindukan keluarga di rumah bisa dihubungi via seluler, termasuk mengontrol anak dilakukan dengan berkomunikasi menggunakan handphone,”katanya.

Terbatasnya fasilitas ataupun dunia hiburan di Pulau Bawean tak membuatnya kesepian. Hal itu justru membawa ketenangan tersendiri dalam bertugas. “Menemukan ketenangan setelah bertugas di Pulau Bawean,” ujarnya.

Menurutnya bertugas di daerah kepulauan dibutuhkan kemampuan berinteraksi langsung kepada masyarakat. Memang dalam pergaulan Kanit Reskrim dikenal dekat dengan banyak tokoh termasuk anak muda. Seringkali tampil dalam kegiatan masyarakat, termasuk rutin menggelar penyuluhan antisipasi kenakalan remaja.

Sebenarnya bertugas di Bawean menyenangkan. Sebab, masyarakatnya mempunyai rasa kekeluargaan yang tinggi. “Penerimaan terhadap petugas seperti kepolisian dianggapnya seperti saudara sendiri. Sebaliknya bila melaksanakan tugas dikenal mempunyai ciri atau perlakuan kurang baik, sehingga warga sulit menerimanya,” paparnya.

Termasuk diajak kerjasama dalam mengatasi persoalan selalunya masyarakat turut serta membantu polisi dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu, kehidupan di Bawean dikenal aman sehingga warganya merasa aman dan nyaman. “Jika ada sesuatu seperti kejahatan akan cepat terungkap berkat kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pihak kepolisian,”jelasnya.

Kesimpulannya menurut Aiptu Bambang Kanit Reskrim Polsek Sangkapura bertugas di Pulau Bawean sangat menyenangkan dan membuatnya banyak saudara. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean