Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Tokoh Sufi Berbagai Negara Kemah Di Bawean

Tokoh Sufi Berbagai Negara Kemah Di Bawean

Posted by Media Bawean on Minggu, 06 Desember 2015





Pulau Bawean tampaknya benar-benar memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi. Kali ini, giliran tokoh-tokoh sufi yang menggelar kegiatan di pulau utara Kabupaten Gresik tersebut. Tokoh-tokoh ulama dari berbagai negara tersebut rencana- nya bakal menggelar kegiatan kemah sufi.

Pembukaan Kemah Sufi dilakukan di Alun-Alun Sangkapura, Kamis (3 /12). Hadir tokoh ulama dari berbagai negara, ulama di Palau Bawean, serta jamaah tasbih. Termasuk keturunan dari Syech Qodir Jaelani yang juga tokoh sufi Libanon Syech Amin Aljilani.

KH Diyauddin Kuswandi, Pimpinan Jamaah Tasbih Nusantara mengatakan kemah sufi digelar pertama kalinya di Pulau Bawean. Tujuan diadakan kemah sufi ini adalah untuk mendekatkan diri kepada Ilahi Rabbi, bukan unsur politik. “Tidak ada unsur politik dalam pelaksanaan kemah sufi di Pulau Bawean,” katanya.

Menurut dia, alasan dipilihnya Pulau Bawean sebagai lokasi kemah lantaran dahulu pernah menjadi tempat transit ketika akan memasuki Pulau Jawa. Termasuk Hayam Wuruk yang berkunjung sebanyak 4 kali ke Pulau Bawean. “Jika diibaratkan huruf nun, Bawean adalah titiknya,” paparnya dia.

Selain itu, adanya tempat yang dinamakan Murtalaya, sehingga pihaknya memilih Bawean sebagai lokasi kemah. Sebab, lokasi tersebut termasuk daerah tempat suci untuk melakukan ritual.

”Membaca situasi dan kondisi sekarang, ternyata bangsa kita mengalami kemunduran. Sehingga diperlukan adanya usaha membangun generasi penerus yang siap untuk memajukannya kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Syech Amin Aljilani, Ulama Sufi dari Libanon mengaku sangat mengapresiasi pergaulan di Indonesia. “Selama berada di Indonesia ia bisa menemukan adat istiadat yang santun, rukun dan saling menghormati,” ungkapnya.

Keturunan ke-25 dari Syech Qodir Jaelani ini mengaku senang berada di Pulau Bawean. “Melihat keindahan alam dan keramahan masyarakat yang menyambutnya membuat kerasan berada di Pulau Bawean,” pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean